Forgot Password Register

Headlines

Kecewa dengan Kualitas Guru, JK: Jangan Asal Kasih Sertifikasi Kelulusan

Jusuf Kalla. (Foto: Antara/Aprillio Akbar) Jusuf Kalla. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Pantau.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan sertifikasi terhadap guru perlu diperketat guna mendapatkan tenaga pendidik yang berkualitas secara merata di seluruh daerah di Tanah Air.

"Pengetatan sertifikat itu harus seusai, jangan asal dikasih sertifikat ke lulusan (pendidikan guru). Itu salah satu proses yang harus diikuti," kata Jusuf Kalla kepada pewarta di Kantor Wapres Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Mantan ketua umum Partai Golkar itu mendesak agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beserta universitas atau perguruan tinggi pelaksana sertifikasi guru untuk memperketat proses tersebut.

"Ya itu memang menjadi perhatian kita semua, menjadi perhatian Pemerintah, menjadi perhatian universitas atau perguruan tinggi yang mendidik para calon guru," tambahnya.

Baca juga: Kemendikbud Siap Gelar Ujian Nasional Berbasis Komputer, Catat Tanggalnya!

Selain itu, pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik berstatus pegawai negeri sipil juga harus melalui rangkaian tes seleksi yang ketat. Sehingga, daerah akan mendapatkan tenaga pendidik dengan kualitas dengan predikat memuaskan.

Kemendikbud dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) saat ini sedang mengkaji proses seleksi pengangkatan guru honorer menjadi PNS.

KemenPAN-RB saat ini sedang melakukan pendataan terkait jumlah kebutuhan tenaga pendidik serta jumlah guru honorer di daerah. "Jadi, tidak semua guru honorer itu langsung bisa (jadi PNS), harus melalui tahapan-tahapan lagi. Sekarang hal itu sedang disiapkan MenPANRB (Asman Abnur) dan juga Mendikbud (Muhadjir Effendy)," ujar Wapres.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More