Pantau Flash
Kata Mahfud, KPK Tak Bisa Kembalikan Mandat ke Presiden
Soal Revisi UU Minerba, Jonan: Pernyataan Pemerintah Bisa Pengaruhi Harga
Suasana Memanas, OKI Gelar Pertemuan Luar Biasa Bahas Aksi Paksa Israel
Jokowi Diminta untuk Segera Melantik 5 Pimpinan Baru KPK
Rizki/Della ke Final Vietnam Open 2019, Anggia/Pia Terhenti

Kejuaran Triathlon di Ternate Sedot Perhatian Peserta Luar Daerah

Kejuaran Triathlon di Ternate Sedot Perhatian Peserta Luar Daerah Pemkot Ternate membuka Triathlon Ternate. (Foto: RRI)

Pantau.com - Kejuaraan triathlon di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) yang akan berlangsung tanggal 26 September 2019 diminati peserta dari luar daerah, seperti dari Sulawesi dan Jawa.

Kejuaraan triathlon yang memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah itu, digelar atas kerja sama Pemkot Ternate dengan Federasi Triathlon Indonesia Ternate sebagai salah satu upaya lebih memasyarakatkan olahraga itu di daerah ini.

"Saat ini sudah ada sekitar 180 yang sudah mendaftar sebagai peserta kejuaraan triathlon itu, sebagian di antaranya dari sejumlah daerah di Sulawesi dan Jawa," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ternate, Samin Marsaoly, Rabu (11/9/2019).

Baca juga: Di Tahun ke-7, Sungailiat Triathlon 2019 Bakal Tampil Berbeda

Menurutnya, banyaknya peserta dari luar daerah yang berminat ambil bagian dalam kejuaraan yang melombakan tiga cabang olahraga yakni renang, lari dan bersepeda itu, alasannya karena kejuaraan itu sudah memiliki gesensi nasional.

Selain itu, lokasi penyelenggaraan kejuaraan triathlon di Ternate yang semuanya berada di kawasan objek wisata, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta dari luar daerah untuk mengikuti kejuaraan sekaligus menikmati objek wisata di daerah ini.

Bagi Pemkot Ternate, penyelenggaraan kejuaraan triathlon tersebut akan menjadi momentum untuk terus mempromosikan potensi olahraga wisata di daerah yang diharapkan akan ikut berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisatawan.

Baca juga: Begini Cerita Sandiaga Uno Ikut Ajang Triathlon Usai Pilpres

Penyelenggaraan kejuaraan triathlon itu juga diharapkan dapat memberi kontribusi bagi pelaku usaha ekonomi kreatif di Ternate, karena para peserta dari luar daerah pasti akan membeli berbagai produk cinderamata yang ada di Ternate untuk di bawa pulang di daerah masing-masing.

Ia juga menambahkan, masih banyak jenis olaharaga lainnya yang bisa digelar di Ternate, misalnya lomba balap sepeda keliling Pulau Ternate sepanjang 45 km atau lomba renang melintas perairan antara Pulau Ternate dan Pulau Tidore yang berjarak sekitar 1 km.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga

Berita Terkait: