Pantau Flash
Kata Mahfud, KPK Tak Bisa Kembalikan Mandat ke Presiden
Soal Revisi UU Minerba, Jonan: Pernyataan Pemerintah Bisa Pengaruhi Harga
Suasana Memanas, OKI Gelar Pertemuan Luar Biasa Bahas Aksi Paksa Israel
Jokowi Diminta untuk Segera Melantik 5 Pimpinan Baru KPK
Rizki/Della ke Final Vietnam Open 2019, Anggia/Pia Terhenti

Kelebihan Kalsium? Awas, Tubuh Kamu Bisa Alami Hal Ini

Kelebihan Kalsium? Awas, Tubuh Kamu Bisa Alami Hal Ini Ilustrasi Tubuh Lelah. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Kalsium adalah mineral yang diperlukan untuk membuat gigi dan tulang menjadi kuat, dan memegang peranan penting dalam kontraksi otot, produksi hormon, dan menjaga otak serta fungsi saraf.

Jumlah kalsium yang dibutuhkan dalam tubuh antara 9-11 mg/dl. Jika lebih dari itu, maka keseimbangan sistem dalam tubuh akan terganggu. Kondisi di mana tingkat kalsium darah di atas normal disebut hiperkalsemia. Jika masih ringan mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda khusus pada tubuh.

Sementara untuk kasus hiperkalsemia sedang hingga tingkat yang parah, tanda-tanda yang terlihat diantaranya adalah mual dan muntah, serta konstipasi.

Baca Juga: Selain Susu, Jenis Makanan Ini Sangat Cocok untuk Cukupi Kalsium Tubuh

Tanda lainnya adalah irama jantung yang tidak normal. Peningkatan kadar kalsium yang akut menyebabkan impuls elektrik menjadi abnormal.

Hiperkalsemia yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan batu ginjal. Kristal kalsium fosfat mengendap dalam ginjal yang berakibat pada kerusakan ginjal.

Selain itu, tanda kelebihan kalsium pada tubuh adalah rasa haus berlebihan. Kondisi ini terjadi karena tubuh kehilangan cairan dalam jumlah besar akibat pembentukan urine meningkat.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Suplemen Bukanya Sehat Tapi Bisa Memicu Stroke

Tanda-tanda lain seperti kulit kering dan bibir pecah-pecah juga dapat dilihat pada penderita hiperkalsemia, karena ketidakseimbangan antara asupan air dan yang dikeluarkan.

Kemudian, mudah lelah dan otot menjadi lemah. Hal ini umum dialami oleh pasien hiperkalsemia. Kondisi ini terjadi karena penurunan rangsangan saraf dengan peningkatan ion kalsium.

Dalam kondisi terparah, hiperkalsemia dapat menyebabkan koma. Hiperkalsemia berat di atas 15-16 mg/dl dianggap sebagai darurat medis yang akan mengakibatkan koma.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Kontributor - ANU
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait:



Komentar

  1. Selamat Datang Bersama kami di DUPA88, Situs bola online terpercaya. Cukup 1 user ID saja Anda bisa bermain di semua game di DUPA88com pasaran bola yang di dukung 3 provider sportbook ternama di Indonesia. Ayo dan Buruan Bermain di DUPA88 dengan Modal kecil bisa dapat jutaan rupiah. Bergabung dan Bermain bersama DUPA88 menang berapapun kami bayar langsung. Dan bagi yang kalah Don't worry akan kami ganti dengan BONUS WELCOME CASHBACK 100%. Tak hanya itu guys bonus yang kami berikan DUPA88 juga ada BONUS SPECIAL. - Bonus New Member 20% - Bonus Next Deposit 10% - Bonus Loyality (Hadir) - Bonus Weekly (Rolling & Cashback) - Bonus Refferal 5% per Game dan seumur hidup. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Dupa88 Memberikan Pelayanan cepat & aman.!, Proses DP/WD ( max. 3 menit ) , siap melayani 24 jam Nonstop.! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : 855973465121 | Kode Referal : KELLY88