Forgot Password Register

Kementerian PUPR Gandeng Mahasiswa Tingkatkan Infrastruktur Daerah

 Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti saat pemaparan di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018). (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika) Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti saat pemaparan di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018). (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus utama yang sedang dilaksanakan. Salah satu upaya mendorong pembangunan infrastruktur di daerah Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan 22 perguruan tinggi di Indonesia untuk menyelenggarakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik Infrastruktur.

"Jadi sinergi antara Pemerintah, swasta, masyarakat, perguruan tinggi menjadi satu kekuatan yang dibutuhkan untuk memastikan target pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia tercapai sehingga mampu meningkatkan daya saing Indonesia," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti saat pemaparan di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis (5/7/2018).

Baca juga: Ini Jajaran CEO yang Meninggal Tragis, No 6 Buat Geger Indonesia

Ia menilai dengan kegiatan ini dianggap komunikasi program-program pemerintah terhadap masyarakat menjadi lebih efektif untuk menyiapkan masyarakat. Di sisi lain, program ini juga membantu mahasiswa menuju SDM yang berkualitas.

"Menurut kami danagat perlu juga didukung penguatan-penguatan fasilitator (mahasiswa) karena seringkali masalah komunikasi kadang-kadang masyarakat tidak memahami apa yang dilakukan," ungkapnya.

"Kalau kami terlalu lama di kantor, jadi kalau mengkomunisasikan program lebih seperti camat, lurah, kalau sosialisasi banyak berpikirnya konsepsi, kalau adik-adik (mahasiswa) praktis ini keuntungan, untuk memudahkan program dipahami masyarakat," imbuhnya.

Nantinya para mahasiswa akan terlebih dahulu diberikan pembekalan, disiapkan untuk memberikan program-program terkait infrastruktur di daerah.

Beberapa program infrastruktur Nyang telah dicanangkan Kementerian PUPR diantaranya, Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di 753 lokasi dan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS-3R), Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas), hingga Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

Baca juga: Selain Freeport, Ini Pentingnya Indonesia Bagi Amerika

"Kita perkuat mereka dulu, pembekalan dulu supaya mereka siap pas ke lapangan. Program kemitraan menyiapkan SDM yang kompeten melalui program-- bagi perguruan tinggi akan meghadirkan kontribusi dalam pembangunan infrastruktur," paparnya.

Pelaksanaan KKN ini nantinya menyesuaikan pelaksanaan KKN sesuai dengan agenda perguruan tinggi. Beberapa Universitas yang akan dilibatkan diantaranya:

Universitas lambung Mangkurat, Universitas Negeri Manado, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Negeri Gorontalo Universitas Sulawesi barat, Universitas Khairun, Universitas negeri Semarang, Universitas Trunojoyo, Institut pertanian Bogor, Universitas Palangka raya, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Riau, Universitas Maritim Raja Ali haji, Universitas Jambi, Universitas Islam negeri Sultan Thaha Saifuddin, Universitas Bangka Belitung, Universitas Bengkulu, Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Share :
Komentar :

Terkait

Read More