Forgot Password Register

Kementerian PUPR Soroti Jembatan 'Uzur' di Indonesia

Jembatan Babat sebelum ambruk (Foto: Google Street View) Jembatan Babat sebelum ambruk (Foto: Google Street View)

Pantau.com - Peristiwa jembatan ambruk yang terjadi Indonesia disikapi serius oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin, mengatakan pentingnya perhatian dari pihak terkait terhadap jembatan yang dikategorikan telah uzur. 

Baca juga: Marak Kecelakaan Konstruksi, PUPR: Keselamatan Kerja Nomor Satu

"Setiap jembatan yang sudah berumur dibutuhkan suatu pengawasan mengenai berapa jumlah maksimal yang mampu terbebani," kata Syarif di Gedung Kerta Niaga, Jakarta,  Sabtu (28/4/2018). 

Syarif menyampaikan pemerintah perlu melakukan pemantauan ulang untuk menggolongkan jembatan mana saja yang perlu segera mendapatkan perbaikan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Banyak sekali yang kita harus evaluasi kembali terhadap seluruh jembatan. Dan jauh lebih besar dana untuk pemeliharaan dibandingkan untuk membangun yang baru," ujar Syarif.

Baca juga: Imbas Tragedi Rusun Pasar Rumput, Menteri Rini Bakal Rombak Jajaran Direksi PT Waskita

Sebelumnya, jembatan ambruk terjadi di jembatan nasional Babat-Widang yang menghubungkan Kabupaten Tuban-Lamongan, Jawa Timur, Selasa 17 April 2018 lalu. 

Menurut dugaan awal, ambruknya jembatan tersebut dikarenakan faktor usia dan tidak lagi mampu menahan beban dari kendaraan yang melintas.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More