Forgot Password Register

Headlines

Kenali 5 Tanda Hubunganmu Sudah Tidak 'Sehat' Lagi

Kenali 5 Tanda  Hubunganmu Sudah Tidak 'Sehat' Lagi Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Memiliki hubungan yang romantis dengan pasangan itu sangat penting. Ketika kamu berkencan dengan seseorang, penting untuk terus mengevaluasi hubungan kamu dengannya secara teratur dan pastikan keromantisan yang terjadi diantara kalian itu adalah sesuatu yang benar-benar diinginkan dan berpotensi untuk hubungan yang lebih serius nantinya.

Namun, sangat mudah untuk kehilangan harapan atau impian ketika kamu sedang menjalani hubungan yang mungkin tidak bekerja dengan cara yang sama seperti hubungan kamu sebelumnya. Menariknya, seorang pakar hubungan Lucinda Loveland berkata bahwa ada banyak cara 'racun' dapat menyelinap secara diam-diam ke dalam hubungan tanpa disadari oleh salah satu pihak pada awalnya.

Inilah beberapa tanda hubungan kamu berubah menjadi 'racun' tanpa disadari seperti dilansir dari thisisinsider.com.

1. Tidak ada keintiman dalam berkomunikasi

Bukan sebuah rahasia lagi jika hubungan itu akan tumbuh lebih kuat ketika dua orang lebih sering berkomunikasi dan bercerita satu sama lain. Semakin mendalam percakapan di antara kalian semakin kuat juga keterikatan yang terjalin dan kamu lebih belajar mengenal pasangan lebih banyak.

Ketika percakapan diantara kalian berhenti ditempat, keintiman dan rasa percaya diantara pasangan juga akan mati. Tiba-tiba pertukaran kata-kata diantara kalian hanya sekedarnya tanpa adanya rasa ketertarikan lagi.

Baca juga: Penelitian: Menikah Membuat Kamu Berumur Panjang

2. Perselisihan kecil menjadi pertengkaran yang hebat 

Pertengkaran itu sesuatu yang wajar dalam sebuah hubungan. Perselisihan dan argumen adalah salah satu faktor yang dibutuhkan untuk menumbuhkan dan memperkuat hubungan.

Tetapi ada garis tegas yang membedakan pertengkaran yang wajar dengan ucapan berbahaya dan tidak pantas dilontarkan pada satu sama lain. Beberapa argumen tidak sehat malah dapat berubah menjadi tindakan kasar jika terjadi cukup sering dan meningkat.

3. Hilangnya percikan-percikan diantara kalian

Pada awalnya alasan kamu mengejar seseorang itu karena merasa ada percikan atau getaran aneh yang dirasakan ketika bertemu atau berbicara dengannya. Ini adalah tanda jika kamu merasa ada ketertarikan dengan orang tersebut.

Namun bagian tersulit dalam sebuah hubungan adalah menjaga percikan yang kamu rasakan itu tetap ada bersama pasangan. Ada kalanya percikan tersebut hilang dan ketertarikan  pada pasangan mulai goyah. Dan sesuatu yang sederhana seperti ciuman atau merangkul pasangan secara intim terasa seperti sebuah tugas belaka, bukan karena kamu menginginkannya. Dan hubungan pun terasa tidak berharga lagi untuk dikejar.

4. Kamu merasa tidak bahagia 

Sebuah hubungan itu bisa menjadi positif untuk banyak alasan. Dapat menjadi sumber kebahagiaan dan cinta untuk dua orang ketika keduanya saling menghormati. Sayangnya, ada juga banyak hal negatif yang dapat datang dalam sebuah hubungan.  

Dua orang bisa saling memulai hubungan dengan cara positif dan sehat, dan dalam waktu singkat, segala hal bisa berubah menjadi salah. Paling penting, ketika periode bulan madu pasangan telah berakhir, pekerjaan sebenarnya baru dimulai, dimana kemitraan dan partisipasi individu diperlihatkan.

Ketika salah satu (atau keduanya) mulai menunjukkan warna asli masing-masing, hal-hal yang awalnya sehat dan bahagia, dapat berubah tidak sehat dan tidak bahagia secara cepat. Satu orang dapat menjadi terlalu bergantung sementara yang lainnya membutuhkan ruang, dan hubungan dengan pasanganpun menjadi tidak rukun. Bagaimanapun, ketika hubungan romantis dua orang terlihat tiba-tiba tidak bahagia atau merasa terperangkap, maka hubungan itu sudah tidak baik lagi.

Baca juga: Hindari Melahirkan Caesar dengan Beraktivitas Fisik Bagi Ibu Hamil

"Ketika kamu sudah merasa tidak nyaman, kamu perlu berhenti dan menanyakan pada diri sendiri apa penyebabnya. Kita tidak hanya perlu melihat bagaimana pasangan mempengaruhi kita namun juga bagaimana kita mempengaruhi pasangan kita," kata Thompson, seorang pakar hubungan.

Hal ini penting untuk melihat ketika hubungan mulai lepas kendali, dan mencari cara bagaimana mengendalikannya.

5. Muncul rasa takut dalam hubungan yang sedang dijalani 

Ada banyak alasan sebuah hubungan itu berubah menjadi masam dan tidak bekerja seperti biasanya, tapi alasan terbesar meninggalkan hubungan itu di belakang adalah karena rasa takut.

Bisa berbagai macam ketakutan—takut sendirian, takut kehilangan teman, takut kehilangan orang yang kamu cinta, tapi ketakutan terbesar adalah takut dilukai. Hubungan yang penuh kekerasan tidak mudah untuk diakui atau mencari bantuan, dan hal ini berbahaya jika tetap dipertahankan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More