Pantau Flash
43 Orang Tewas Setelah Si Jago Merah Lalap Gedung 6 Lantai
Zulkifli Hasan: Jualan Surga dan Negara Sudah Tidak Laku di Pilpres
Catat! Tol Layang Japek II Tidak Ada Rest Area dan Pom Bensin
Erick Thohir Tunjuk Eks Menkeu Chatib Basri Jadi Wakomut Bank Mandiri
SEA Games 2019: Kontingen Indonesia Lampaui Target Jokowi

Keren! Titik Kamera E-TLE Dapat Terdeteksi di Aplikasi Waze

Keren! Titik Kamera E-TLE Dapat Terdeteksi di Aplikasi Waze Kamera CCTV untuk memantau pengendara di Thamrin (Foto: Antara/Nova Wahyudi)

Pantau.com - Sejumlah peraturan baru soal lalu lintas akan segera diberlakukan. Sehingga para pihak terkait mulai dari kepolisian hingga dinas perhubungan pun gencar memberikan edukasi dan imbauan terkait aturan tersebut bagi para pengendara.

Sistem ganti genap yang diperluas hingga penindakan melalui teknologi canggih kamera E-TLE pun menjadi fokus utama dalam sosialisasi.

Beberapa cara untuk menyosialisasikan peraturan itu pun telah dilakukan. Mulai dari selebaran hingga terjun langsung kejalan telah dilakukan. Bahkan cara terbaru untuk memberitahukan kepada pengendara soal diberlakukannya peraturan baru itu yakni dengan menggandeng aplikasi Waze.

Baca juga: Tilang Elektronik Menurun saat Pemadaman Listrik di Jakarta

Wakil Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP I Made Agus Prasatya mengatakan dalam aplikasi Waze, para pengendara dapat melihat titik-titik yang terpasang kamera E-TLE.

"Saat pengguna jalan menggunakan aplikasi Waze saat berkendara dan melewati jalur yang menjadi titik kamera E-TLE maka dalam layar telepon ataupun PC akan terpampang jelas unit kamera tersebut," ucap I Made Agus saat dikonfirmasi, Selasa (13/8/2019).

"Bukan hanya satu, dalam aplikasi Waze semua titik kamera terdeteksi dan tereksplorasi dalam layar," sambungnya.

Baca juga: Polisi Beberkan Fungsi Lain dari Kamera Tilang Elektronik, Apa Saja?

Selain itu, kehadiran warning E-TLE di aplikasi Waze merupakan bentuk penegakan hukum yang menghadirkan unsur prvensi dan edukasi.

"ETLE tidak hanya Penegakan Hukum, ada unsur prevensi dan edukasi melalui aplikasi Waze sehingga terwujudnya budaya tertib berlalu lintas," katanya.

Bahkan, Made Agus juga menegaskan dengan hadirnya titik-titik kamera E-TLE di aplikasi petunjuk arah itu disebut dapat membuang anggapan negatif terkait dengan peraturan tersebut.

"Kebijakan ini mematahkan pemikiran negatif oleh beberapa oknum yang menganggap jika kami meraup untung dari tilang. Jadi salah besar jika ada pemikiran seperti itu," pungkasnya. 

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK
Category
Peristiwa

Berita Terkait: