Forgot Password Register

Jangan Kaget dengan Manfaat Tersembunyi dari Santan

Ilustrasi santan. (Foto: Pixabay) Ilustrasi santan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Santan umumnya digunakan sebagai bahan tambahan untuk memasak. Ini karena tekstur santan yang kental dan gurih membuat masakan menjadi lebih sedap.

Selain untuk masakan, ternyata santan mempunyai manfaat lainnya untuk kesehatan hingga kecantikan. Melansir berbagai sumber, berikut lima manfaat santan selain digunakan untuk memasak.

Baca juga: Trik Make Up Tampil Kece Saat Menghadiri Acara di Malam Hari

1. Kondisioner rambut

Santan yang digunakan untuk kondisioner rambut tidak hanya membuat  rambut menjadi bagus, tetapi juga dapat melembutkan dan membuatnya lebih tebal dan panjang.

2. Mencegah jerawat

Jika kamu punya masalah dengan jerawat, sebaiknya gunakan santan sebagai pembersih. Sifat anti bakterinya dapat membantu mencegah jerawat dan tidak menyumbat pori-pori.

3. Pelembab kulit secara keseluruhan

Mungkin umumnya orang-orang lebih sering mendengar mandi susu, tetapi santan justru mempunyai manfaat lebih karena sifatnya yang menenangkan.

Berendamlah di bak mandi yang sudah dicampur dengan santan selama 15 menit, manfaat yang didapat yakni mengembalikan kelembapan dan menjadikan kulit lembut.

4. Meningkatan kesehatan jantung

Santan merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan termasuk pada jantung.

Ini karena kelapa adalah salah satu sumber terbaik asam laurat yang memberikan sifat antivirus dan antibakteri serta menjadi asam lemak sehat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Baca juga: Pengaruh Gula bagi Kenakalan Remaja

5. Menurunkan berat badan

Santan sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Santan membantu membangun otot dan mengurangi lemak.

Di dalam santan ditemukan potasium dan magnesium yang dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan mendorongnya untuk tumbuh kembali dengan lebih kuat.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More