Forgot Password Register

Ketegangan Jerman-Turki Tandai Serangan Mematikan Neo-Nazi 25 Tahun Silam

Peringatan serangan Neo-Nazi 25 tahun silam. (Foto: Reuters/Juergen Schwarz) Peringatan serangan Neo-Nazi 25 tahun silam. (Foto: Reuters/Juergen Schwarz)

Pantau.com - Jerman akan mengadakan acara peringatan hari pembakaran neo-Nazi 25 terhadap lima korban etnis Turki.

Melansir AFP, Rabu (30/5/2018), Kanselir Angela Merkel dan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu akan menghadiri upacara bersama dengan Mevlude Genc (75) yang kehilangan dua putri, dua cucu perempuan dan satu keponakan dalam kebakaran rumah tahun 1993 di kota Solingen.

Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier, memuji dia Genc setelah bertemu pada Jumat lalu. "Sebagai teladan bagi semua orang yang berjuang melawan diskriminasi, rasisme dan kekerasan, dan memperingatkan bahwa memori tindakan kejam ini tidak boleh memudar," kata dia.

Baca juga: Hilangnya MH370, Misteri Terbesar Penerbangan Dunia

Jerman telah berjuang dengan serangan rasis baru dan aktivisme sayap kanan, termasuk masuk ke parlemen Partai Alternatif untuk Jerman (AfD), setelah masuknya lebih dari satu juta pencari suaka sejak 2015.

Kementerian luar negeri Turki menyuarakan keprihatinan bahwa rasisme, xenofobia dan Islamophobia sedang meningkat lagi di negara Uni Eropa. Ia pun meminta politisi dan media untuk menggunakan bahasa yang bijaksana.

Afd co-pemimpin Alice Weidel bulan ini menerima teguran formal dari pembicara parlemen lantaran menggambarkan imigran sebagai gadis jilbab yang mengklaim-kesejahteraan serta memegang pisau. 

Baca juga: Jaga Wilayah di Laut China Selatan, Rodrigo Duterte Siap Perang dengan China

Beberapa politisi Jerman telah memperingatkan bahwa Cavusoglu tidak boleh menggunakan acara peringatan untuk mengkampanyekan partai AKP Erdogan atau memperdalam perpecahan dalam komunitas Turki-Jerman.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas menegaskan, bahwa pidato Cavusoglu bukan merupakan kampanye pemilihan tetapi memperingati korban serangan mengerikan ini.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More