Forgot Password Register

Ketua KPK Tak Yakin Kasus Dugaan TPPU Setya Novanto Selesai Sekarang

Ketua KPK Tak Yakin Kasus Dugaan TPPU Setya Novanto Selesai Sekarang Agus Rahardjo saat diskusi KPK (Foto: Antara/Reno Esnir)

Pantau.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengakui kesulitan mengusut dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) oleh terpidana korupsi proyek KTP elektronik Setya Novanto. Menurut Agus, kasus tersebut tidak akan selesai pada masa kepemimpinannya yang akan rampung pada 21 Desember 2019.

"Soal pencucian uang itu biasanya memerlukan waktu lama. Saya sendiri tidak berkeyakinan bisa selesai pada zaman saya. Mungkin bisa jadi warisan juga," kata Agus di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/5/2019). 

Baca juga: KPK Eksekusi Mantan Bupati dan 12 Anggota DPRD Malang ke Lapas

Agus menegaskan, penyidik masih bergerak terus untuk mengumpulkan barang bukti dugaan tindak korupsi tersebut. Agus mengatakan, dirinya beri perhatian penuh terkait tunggakan kasus yang belum selesai hingga masa jabatannya di KPK berakhir. 

"Itu selalu jadi pemikiran kita itu tunggakan kasus. Tunggakan kasus itu bisa berasal dari amar putusan mana yang belum ditangani," jelas Agus. 

Baca juga: KPK Pindahkan Tempat Tahanan Bupati Mesuji dan 2 Tersangka Lainnya

Sebelumnya, dorongan agar Novanto dijerat TPPU telah dilakukan jaksa penuntut umum sejak masa sidang. Berdasarkan fakta persidangan dibuktikan bahwa aliran uang korupsi Novanto menghindari otoritas pengawasan keuangan. 

Selain itu juga dibuktikan bahwa aliran dana proyek e-KTP dilakukan secara berliku melintasi enam negara, yakni Indonesia, Amerika Serikat, Mauritius, India, Singapura, dan Hongkong.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More