Forgot Password Register

Headlines

Keuangan Negara Ini Hancur Usai Jadi Tuan Rumah Ajang Olahraga Dunia

Keuangan Negara Ini Hancur Usai Jadi Tuan Rumah Ajang Olahraga Dunia Gedung Majelis Negara di Rio de Janeiro, Brazil. (Foto: Antara/Reuters/Pilar Olivares)

Pantau.com - Jika berkaca dari beberapa kasus negara yang pernah menjadi tuan rumah event olahraga nasional, tidak dipungkiri tidak semuanya mendulang untung pasca kegiatan olahraga itu selesai.

Dihimpun beberapa sumber, Pantau.com merangkum sejumlah negara yang cukup terseok-seok masalah perekonomiannya pasca menjadi tuan rumah ajang internasional. Tentunya hal ini diharapkan tidak menimpa Indonesia.

1. Yunani

Siapa yang tidak kenal dengan negara Yunani, negara yang dipenuhi bangunan klasik ini pernah menjadi tuan rumah dalam ajang Olimpiade Athena 2004.

Perlu diketahui, sebelum resmi menjadi tuan rumah, Yunani memang tercatat memiliki banyak hutang. Hal itu rupanya diperparah pasca olimpiade.

Baca juga: Bukan Emas, Ini Komoditas Paling Mahal di Dunia Versi Jokowi

Sebelumnya, negeri yang dikenal dengan negeri para dewa ini sudah membatasi defisit anggarannya agar dapat tergabung dengan zona mata uang Euro.

Keputusan ini rupanya cukup berhasil terbukti pada tahun 1999 angka defisit telah menurun hingga 3,1 persen, padahal di tahun 1994 defisit menyentuh angka 9. Tapi apalah daya kebutuhan untuk memenuhi olimpiade defisit kembali membengkak.

Yunani disebut mengalami defisit hingga 7,5 dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2004 salah satunya karena olimpiade. Pesta olahraga itu diperkirakan menghabiskan dana 9 miliar Euro. Untuk negara seperti Yunani, angka tersebut sudah sebesar 5 persen dari total PDB. Hal ini kemudian menjadi salah satu pemicu bagi krisis ekonomi dan utang Yunani pada tahun 2007.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More