Pantau Flash
OTT Yogyakarta: KPK Bawa 5 Orang ke Jakarta untuk Diperiksa
G7 Adakan KTT di Tengah Kepanikan akan Perekonomian Global
Redam Hoax Kerusuhan Papua, Kemkominfo Sempat Perlambat Internet
Efek Aksi Demo, Pemesanan Tiket Pesawat ke Hong Kong Turun 20 Persen
Industri Manufaktur Diramalkan Jadi Pengguna 5G Pertama

Keyakinan Jokowi Ubah Budaya Rakyat Indonesia Lewat MRT

Headline
Keyakinan Jokowi Ubah Budaya Rakyat Indonesia Lewat MRT Presiden Joko Widodo bersiap meresmikan MRT Jakarta (Foto: Antara/hafidz Mubarak)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini dengan adanya moda raya transportasi (MRT) di Jakarta bisa mengubah budaya masyarakat Indonesia. Menurut Jokowi, selesai pembangunan MRT merupakan bukti peradaban baru bagi bangsa Indonesia.

"Inilah nanti budaya baru yang ingin terus kita kenalkan, kita sosialisasikan. Inilah peradaban baru. Kita harus yakin kalau kita bisa mengubah masyrakat dengan budaya yang baru ini," kata Jokowi usai meresmikan MRT fase pertama di area CFD Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 24 Maret 2019.

Baca juga: TKN: MRT Jakarta Bukti Kepemimpinan Jokowi yang Efektif

Jokowi berpesan agar masyarakat yang menaiki MRT bisa membiasakan budaya antre, tidak buang sampah sembarangan, juga disiplin waktu.

"Kalau ini tidak dibudayakan percuma kita punya MRT. Artinya kita harus menjaga, merawat MRT yang kita miliki ini dan segera akan kita lanjutkan ke utara fase yang kedua," ucapnya.

Masyarakat juga diharapkan bisa memanfaatkan MRT dengan maksimal dan perlahan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Hal itu diharapkan Jokowi bisa mengurangi masalah kemacetan di Ibu Kota. 

"Karena lebih nyaman, lebih cepat naik MRT, naik transjakarta, naik moda LRT dan akan segera selesai juga. Harapan kita itu, gak usah bawa mobil menyebabkan macet," pungkasnya.

Baca juga: Para Penumpang MRT, Dengar Nih! Ada Sanksi Jika Tak Taat Peraturan

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Sigit Rilo Pambudi
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Lilis Varwati
Category
Nasional

Berita Terkait: