Pantau Flash
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi 3,5 Meter di Kupang
Menteri Jonan Pastikan 100 Persen Rumah Tersambung Listrik di Akhir 2020
Demo Besar Tuntut Pelaku Rasis di Tangkap, Sekolah di Sorong Diliburkan
Ahsan/Hendra Raih Gelar Juara Dunia 2019
Hasil MotoGP Inggris 2019: Alex Rins Terdepan, Marquez Kedua

Kiat Agar Tak 'Mati Kutu' Saat Bertemu Mantan di Acara Buka Bersama

Kiat Agar Tak 'Mati Kutu' Saat Bertemu Mantan di Acara Buka Bersama Ilustrasi buka bersama. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Bulan Ramadhan memang sering jadi ajang kembali menjalin silaturahmi dengan teman lama, termasuk saat buka bersama (bukber). Pada momen itu, kebanyakan orang sering kali ditakutkan bertemu 'musuh lama' atau mantan kekasih.

Jika terjebak dalam momen itu, Pakar Psikologi Universitas Indoneisa, Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si mengatakan ada tiga langkah yang dapat dilakukan.

1. Persiapkan mental 

Menurut Anna, jangan pernah dengan 'percaya diri' memastikan tidak akan bertemu si mantan kekasih, karena jika kenyataan tidak sesuai rencana dikhawatirkan kita tidak akan siap.

Baca juga: Trik Soraya Larasati Hindari 'Segambreng' Acara Bukber

"Engeh dulu bahwa mungkin saya akan ketemu sama dia. Jadi jangan, 'moga-moga enggak ketemu'. Terus ketemu, kaget. Jadi memang sudah siapkan mental bahwa kita akan bertemu. Jadi siapkan mental the worse," ujar Anna Surti dalam acara peluncuran gerakan 'Rekatkan Kehangatan' Salonpas di Kempinski Hotel, Jakata Pusat, Jumat, 17/ Mei 2019.

2. Siapkan bahan pembicaraan

Setelah bertemu, persiapkan diri apakah ada bahan pembicaraan yang bisa diutarakan atau mempersiapkan aktivitas yang dapat mencairkan suasana saat ketemu. Sehingga selain tidak kaget, kita memiliki cadangan dalam bersikap dan tidak 'mati kutu'.

Baca juga: Belum Move On? Ini Akibatnya Jika Masih 'Pajang' Foto Mantan di Medsos

"Kalau ketemu saya akan ngomong apa, atau saya akan melakukan apa dan sebagainya. Jadi enggak terlalu kaku, jadi saat auto ketemu paling enggak sudah ada referensi. Paling enggak begini (melakukan sesuatu), itu akan sangat membantu," terangnya.

3. Jangan 'kabur'

Ini biasanya dilakukan jika tidak siap, maka yang bisa dilakukan hanyalah menghindar. Tapi jangan sembarangan, alih-alih menyelamatkan diri, pikirkan negatif dan postifinya, karena akibatnya dapat mempermalukan diri sendiri.

"Atau ketemu sama orang ini, saya misalnya akan langsung kabur. Tapi kan kita pertanyakan dulu, apakah kabur itu untung atau enggak buat saya. Kalau enggak untung kan berarti kan jangan," tutupnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Rifeni
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: