Forgot Password Register

Kim Jong Un Copot Tiga Menteri Senior Jelang Bertemu Donald Trump

Kim Jong Un Copot Tiga Menteri Senior Jelang Bertemu Donald Trump Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un. (Foto: Reuters/Edgar Su)

Pantau.com - Jelang pertemuan bersejarah Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump, 12 Juni mendatang di Singapura tersiar kabar jika Kim baru saja melakukan rushuffle dalam kabinetnya. Salah satunya dalam bidang militer.

Melansir AFP, Senin (4/6/2018), akhir bulan lalu, media setempat mengungkapkan bahwa Kim Su Gil telah ditunjuk sebagai direktur Biro Politik Umum (GPB) militer menggantikan Kim Jong Gak.

Menurut kantor berita Yonhap, yang mengutip sumber intelijen, Kepala Staf Umum Ri Myong Su juga telah digantikan oleh deputinya, Ri Yong Gil. "Menteri Pertahanan Pak Yong Sik telah digantikan oleh No Kwang Chol, mantan wakil menteri pertama," bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Donald Trump (Kembali) Serang FBI Pasca Pejabat Tim Kampanyenya Diperiksa

"Kami akan memantau perkembangan terkait," juru bicara kementerian Baik Tae-hyun mengatakan kepada wartawan.

Menurut para peneliti di NK Leadership Watch, perubahan di atas GPB merupakan kelanjutan dari pengetatan kontrol Partai atas KPA.

Biro politik dapat berada dalam posisi untuk menolak keputusan kebijakan oleh pimpinan atau mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari bantuan ekonomi Korea Selatan di masa depan, katanya.

Baca juga: Kata Singapura Soal Pertemuan Bersejarah Kim Jong Un-Donald Trump

"Kedua hal ini memungkinkan mereka untuk menciptakan pusat tenaga alternatif," katanya.

Namun direktur baru GPB Kim Su Gil adalah seorang letnan pemimpin Kim Jong Un yang sangat dipercaya," tambahnya.

Yang menunjuk dia ke komite partai Pyongyang - pernah menjadi basis kekuatan untuk pamannya Jang Song Thaek - setelah pria yang lebih tua dieksekusi karena berkhianat di 2013.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More