Forgot Password Register

Kim Pilih Jet Tempur China Jadi Pengawal ke Singapura, Tamparan untuk AS?

Pimpinan Korea Utara. (Foto: Reuters/Damir Sagolj) Pimpinan Korea Utara. (Foto: Reuters/Damir Sagolj)

Pantau.com - Tentara Pembebasan Rakyat Angkatan Udara Korea Utara tengah memersiapkan pengaman keberangkatan Kim Jong Un ke Singapura untuk melakukan KTT bersejarah denan Donald Trump.

Seperti diketahui, hubungan kedua pemimpin tersebut bank anjing dan kucing. Namun, banyak harapan dari pertemuan Kim dan Trump yang dianggap sebagai sebuah keajaiban.

Baca juga: 'Kim Jong Un, Sosok Diplomat Keras Kepala Nan Mesra'

Seorang pejabat Angkatan Udara Korea Selatan mengatakan, pesawat China akan dipilih sebagai pengaman jalur penerbangan Kim ke SIngapura. Tentunya, dipilihnya China juga memberikan dampak terhadap AS. Negeri Paman Sam itu sendiri memilki komunikasi pasang surut dengan China.

"Keamanan tertingi telah disediakan negara untuk Kim Jong Un. Pesawat China dipilih sebegai pengawal," kata sumber Korea Selatan kepada SCMP yang dikutip dari Sputnik, Sabtu (9/6/2018).

"Mungkin pesan yang ditujukan kepada aliansi AS-ROK (Korea Selatan) bahwa China mendukung kuat rezim Kim."

Baca juga: Jelang Pertemuan Kim-Trump, Menlu Singapura Sambangi Korea Utara

Surat kabar yang berbasis di Hong Kong, yang diakuisisi oleh Alibaba Group pada bulan Desember 2015, juga melaporkan bahwa China berusaha memperluas mengakrabkan diri dengan Korea Utara jelang KTT Donald Trump dan Kim Jong Un.

Dalam beberapa bulan terakhir, AS, Korea Selatan dan Korea Utara telah terlibat dalam pertemuan belum yang pernah terjadi sebelumnya. Pertemuan duo Korea itu pun memunculkan harapan bahwa perang sejak tahun 1968 khusunya di Semenanjung Korea.

Sementara itu, Trump juga berusaha mengurangi defisit perdagangan AS dengan memperbanyak mitra dagang. China, adalah sala satunya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More