Pantau Flash
Kapolri Sebut Pelarangan Demonstrasi Agar Negara Tak Kecolongan
4 Hari Lagi, Yahoo Tutup Layanan Group dan Seluruh Konten s
Akses Keluar Tol Slipi Arah Gatot Subroto Ditutup karena Isu Demo
IMF: Perekonomian Dunia Melambat ke Titik Terendah
Nol Prestasi, AC Milan Tekor Banyak Musim Ini

Kimo Stamboel Cerita Pengalaman Menggarap Film 'DreadOut'

Kimo Stamboel Cerita Pengalaman Menggarap Film 'DreadOut' Poster Game DreadOut (Foto: Digitalhappiness)

Pantau.com - Pengembang game 'DreadOut' Digital Happiness mengatakan bahwa saat ini tengah mempersiapkan sekuel game 'DreadOut'. Sayangnya, pengembang game 'DreadOut' Rahmat Imron enggan mengungkapkan kapan 'DreadOut 2' akan dirilis.

Baca juga: 'Dreadout' Film Horor Pertama yang Diangkat dari Game Karya Anak Bangsa

"Nanti dikabari. Kalau sekarang sih sudah mulai dikembangkan dari tahun lalu. Daripada janji palsu," ujar Rahmat dalam temu media sebelum acara Gala Premier film 'DreadOut' di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Namun, dia mengatakan bahwa 'DreadOut 2' akan menjadi satu universe dengan film 'DreadOut' yang menceritakan pre-kuel dari gim 'DreadOut' itu sendiri.

"Jadi memang nanti harapannya, 'DreadOut 2' keluar itu nanti akan mengerti 'DreadOut 2' seperti ini, 'DreadOut 1' seperti ini. Dan semuanya ada korelasinya," kata dia.

Game 'DreadOut' diangkat ke layar lebar di bawah tangan dingin sutradara Kimo Stamboel yang sebelumnya telah sukses dengan beberapa judul film diantaranya 'Headshot'. 

"Dengan diadaptasinya 'DreadOut' ke film diharap bisa menjembatani game agar lebih diapresiasi oleh lokal," kata Rahmat.

Hal ini, menurut Rahmat, karena game merupakan bisnis atau industri yang baru hype di Indonesia. Namun, dia mengatakan bahwa dari total pendapatan game 'DreadOut' hanya 10 persen yang berasal dari Indonesia.

Dia juga mengungkapkan bahwa penjualan 'DreadOut' mencapai sekitar satu juta dolar AS dalam kurun waktu kurang lebih sekitar dua tahun. 'DreadOut' telah diunduh 2,5 juta pengguna gratis, dan 500 ribu pengguna berbayar.

"Masyarakat mengapresiasi karya lokal, cuman pembeliannya agak sulit. Sekarang dengan film ini bisa diapresiasi lebih gampang oleh gamers Indonesia," ujar dia.

Sementara itu, sang sutrada film 'DreadOut', Kimo Stamboel, mengatakan bahwa membawa game tersebut ke layar lebar merupakan tantangan tersendiri, yang dia rasa jauh berbeda dari adaptasi buku atau novel.

"Game ada visualnya, serunya seperti apa, banyak cerita yang menarik tapi tidak bisa diceritakan. Skenario film ada aturan sendiri, berbeda dari game yang mengutamakan user experience," kata Kimo.

"Di film kami menceritakan apa yang belum diceritakan di game, dan membawa semua itu ke dunia nyata," sambung dia.

Tantangan tersebut dibenarkan oleh Rahmat, di mana film 'DreadOut' yang diadaptasi dari game tersebut memang sedikit berbeda karena perlu penyesuaian.

"Kalau di game bisa tamat 8 sampai 10 jam, kalau di film dengan dua jam bisa menceritakan semuanya, akan sulit," kata Rahmat.

Untuk dapat mendekati cerita 'DreadOut' yang dia sebut memiliki 'skala cerita yang besar', Kimo berusaha mendekati skala tersebut dengan banyak bertukar pikiran dan berbicara dengan Rahmat.

Baca juga: Kenalkan DreadOut, Game Karya Anak Negeri Pertama yang Diangkat ke Layar Lebar

"Saya coba mendekati skala itu, dan setelah develop masuk ke pre-kuel. Semoga para gamers mengerti dan para penonton dapat mengikuti layaknya sebuah cerita," ujar Kimo.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam