Pantau Flash
Bank Dunia Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh di 2020
Ma'ruf Amin Minta Menag Sempurnakan Lagi PMA Majelis Taklim
5 Klub Perebutkan 2 Tiket Sisa ke 16 Besar Liga Champions
Patung Bung Karno Diresmikan di Stasiun Blitar
Hati-hati! KM 40-86 Tol Cipali Rawan Kecelakaan

Kocak! Toilet Emas Dicuri dari Istana Blenheim di Inggris

Headline
Kocak! Toilet Emas Dicuri dari Istana Blenheim di Inggris Toilet 18 karat, berjudul "Amerika," oleh Maurizio Cattelan di kamar kecil Museum Solomon R. Guggenheim di New York, 16 September 2016. (Foto: AP)

Pantau.com - Toilet terbuat dari emas padat yang sedang ditampilkan dalam sebuah pameran seni, dicuri dari tempat kelahiran dan rumah mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill.

Toilet emas 18 karat yang dinamakan "Amerika" itu adalah hasil karya seniman Italia, Maurizio Cattelan. Toilet itu ikut ditampilkan dalam pameran besar karya Cattelan di Istana Blenheim di Oxfordshire, Inggris.

Dilansir VOA, pencurian itu menyebabkan kerusakan yang signifikan dan banjir. Pasalnya toilet telah telah dilekatkan pada pipa saluran gedung supaya benar-benar bisa digunakan oleh pengunjung.

Baca juga: Para YouTuber Kelimpungan Soal Aturan Baru Perlindungan Anak

Seorang laki-laki, usia 66 tahun, telah ditangkap terkait kasus tersebut. Namun pihak berwenang tidak mengungkap namanya dan juga tidak mendakwanya

Toilet itu sebelumnya telah dipamerkan di Guggenheim Museum New York. Saat itu lebih dari 100 ribu orang mengantri dengan sabar untuk dapat menggunakan benda seni tersebut, menurut pejabat museum pada saat itu.

Baca juga: Capai 100 Juta Subscribers, YouTube akan Berikan Penghargaan 'Red Diamond'

Tahun lalu, kepala kurator Museum Guggenheim menawarkan untuk meminjamkan toilet emas itu kepada Presiden Amerika Donald Trump dan istrinya Melania Trump ketika mereka hendak meminjam lukisan Van Gogh untuk kediaman pribadi mereka di Gedung Putih. Cattelan mengatakan toilet dimaksudkan menjadi bagian satir tentang kekayaan berlebih.

"Apa pun yang Anda makan, makan siang yang harganya 200 dolar atau hot dog yang dua dolar, kalau ke toilet, hasilnya sama saja," katanya.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Internasional