Forgot Password Register

Kolaborasi Efek Rumah Kaca-Najwa Shihab Lahirkan Single 'Seperti Rahim Ibu'

Efek Rumah Kaca dan Najwa Shihab berkolaborasi. (Foto: Dok. Efek Rumah Kaca) Efek Rumah Kaca dan Najwa Shihab berkolaborasi. (Foto: Dok. Efek Rumah Kaca)

Pantau.com - Grup band indie Efek Rumah Kaca (ERK) luncurkan single baru bertajuk 'Seperti Rahim Ibu'. Single kali berbeda karena penggarapannya berkolaborasi dengan jurnalis Najwa Shihab.

Drumer ERK Akbar Bagus Sudibyo mengatakan sebagian besar lirik lagu tersebut ditulis oleh Najwa.

"Lirik ini yang nulis Mba Nana. Ada Kholil (vokalis ERK) dikit, tapi dikit banget," kata Akbar ditemui di Kios Ojo Keos, Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu 26 Mei 2018. 

Baca Juga: Ayudia dan Ditto Ikut Meriahkan Ramadan Jazz Festival

Ditemui di lokasi yang sama, Najwa menuturkan lewat lirik "Seperti Rahim Ibu', dirinya ingin menyampaikan pesan terhadap kondisi Indonesia yang diharapkan bisa sesuci 'rahim ibu'.

"Saya juga pesan jangan terlalu sedih karena kita ingin ada optimisme. Ada beberapa lirik yang kedengarannya romantic, tapi itu sebenarnya kecintaan pada negeri. Itu dibuat supaya pesannya lebih sampai," ucap Najwa.

Lagu itu juga sengaja dibuat untuk menjadi soundtrack dari program Mata Najwa yang dibawakan Najwa pada salah satu stasiun televisi swasta. Meski peluncuran single itu baru resmi dilakukan hari ini, sebenarnya lagu tersebut pernah dinyanyikan langsung pertama kali diacara Mata Najwa. 

"Waktu itu, lagu ini pertama ditampilkan di episode Novel Baswedan," kata Najwa.

Baca juga: Selamat, Istri Petra Sihombing Hamil 2 Bulan

Untuk penulisan lirik tersebut, Najwa mendiskusikannya langsung dengan vokalis ERK, Kholil yang berada di New York, Amerika. Mengandalkan komunikasi lewat pesan singkat, ibu satu anak itu menceritakan dirinya diberi panduan untuk membuat lirik lagu.

Sedangkan untuk aransemen lagu, Najwa berpesan agar intro lagu dibuat lebih panjang karena akan digunakan sebagai pengiring pembaan catatan Najwa dalam acaranya.

"Mba Nana kasih masukan untuk intro terutama dia butuh bagian agak panjang. Awalnya gak gitu tadinya lagunya masuk langsung on play. Akhirnya kita ubah,  untungnya Mba Nana dengerin lagi dia suka. Ada intro sekitar 20 sampai 30 detik," jelas Akbar.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More