Forgot Password Register

Komisi III DPR Pilih Dua Nama Jadi Calon Hakim MK

Komisi III DPR Pilih Dua Nama Jadi Calon Hakim MK Komisi III DPR RI (Foto Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Komisi III DPR RI yang membidangi hukum menunjuk dua nama calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2019-2024 dengan status incumbent yakni Wahiddudin Adams dan Aswanto. 

Wakil Ketua Komisi III di DPR RI,Trimedya Panjaitan, mengatakan penunjukkan dua nama itu telah melalui mekanisme di DPR RI dan keduanya pun sudah disetujui oleh seluruh fraksi yang ada di Parlemen.

"Dua-duanya incumbent dan sesuai dengan mekanisme di DPR, pertama kita ambil upaya musyawarah mufakat," ujar Trimedya Panjaitan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: DPRD DKI Agendakan Gelar Rapimgab Bentuk Pansel Voting Cawagub DKI

Trimedya menyebut, kedua nama petahana itu pertama kali diusulkan Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) dalam forum rapat. Selanjutnya, fraksi lain pun mengusulkan dua nama yang sama. 

Selain Wakil Ketua Komisi III lainnya, Erma Suryani Ranik mengungkapkan bahwa kedua calon hakim MK tersebut dianggap memang memiliki integritas dan konsistensi yang luar biasa.

"Karena memang kita ingin agar hakim MK satu punya integritas dan tingkat kecerdasan dan konsistensi berpikir yang bisa tercermin dalam putusan putusan MK yang sudah dikeluarkan," ungkapnya.

Ia pun kemudian berharap untuk kedua calon hakim MK ini bisa melaksanakan tugasnya sebaik mungkin. Termasuk mengurusi nantinya jika ada sengketa pemilu serentak 2019.

Baca juga: Ketua DPR Minta PT KAI Segera Evaluasi Terkait Tragedi KRL Anjlok

"Harapan kami dari Komisi III, teman-teman di dua orang calon terpilih ini bisa melaksanakan tugasnya karena tanggal 21 ini berakhir ya. 21 Maret berakhir dan ada tugas berat ke depan yaitu urusan sengketa pemilu pileg dan pilpres ini kan mesti di Mahkamah Konstitusi," tuturnya.

Lebih lanjut, sementara Trimedya menambahkan, pihaknya akan langsung juga mengirimkan surat kepada Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Pihaknya pun berharap sidang paripurna pelantikan kedua hakim MK terpilih itu segera dijadwalkan.

"Tadi ketua komisi langsung mengirim surat ke Ketua DPR supaya minta penjadwalan paripurna," pungkasnya.

Sekadar informasi sebelumnya, DPR melalui Komisi III di DPR RI telah menggelar seleksi hakim MK sejak Februari 2019. Ada pun 11 calon yang diseleksi adalah Wahiduddin, Aswanto, Hesti Armiwulan Sochmawardiah, Aidul Fitriacida, Bahrul Ilmi Yakup, Galang Asmara, Refly Harun. Selanjutnya, Ichsan Anwary, Askari Razak, Umbu Rauta, dan Sugianto.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More