Forgot Password Register

Headlines

Konflik Impor Beras, INAGRI: Krisis Pangan Itu Mitos!

Pedagang menuang beras di Pasar Ciawi, Bogor, Jawa Barat (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya) Pedagang menuang beras di Pasar Ciawi, Bogor, Jawa Barat (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Pantau.com - Direktur Institut Agroekologi Indonesia (INAgri), Syahroni menegaskan Indonesia tidak perlu melakukan impor produk pangan karena krisis pangan yang terjadi hanyalah mitos.

"Indonesia tengah menghadapi mitos krisis pangan sehingga seolah-olah harus mengimpor beras. Padahal panen padi berlangsung di setiap sentra, kita tak perlu impor," kata Syahroni di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Menurut Syahroni, langkah Bulog dan Kementan bersikukuh menolak usulan impor beras sudah tepat.

"Keduanya penjaga palang pintu yang harus kukuh menampilkan data produksi," jelasnya.

Baca juga: Cepat 'Move On' Jurusan, Profesi Pekerjaan Ini Mulai Punah

Saat ini beragam pihak memang mempertanyakan bila panen terjadi hampir setiap hari, mengapa di pasar induk seolah-olah langka. Syahroni mengatakan, hasil panen padi memang tak semuanya mengalir ke pasar sehingga "marketable".

Ia menjelaskan, dulu usaha pertanian hanya untuk pangan keluarga sehingga hasil panen kebanyakan menjadi stok keluarga.

Baca juga: Terkuak! Ini Alasan Produk China Murah

Berikutnya fase pasca-revolusi hijau yang pernah sukses swasembada pangan pada 1984 dengan sistem agribisnis hingga era 2000-an.

"Ketika itu hampir semua hasil panen dilempar ke pasar. Pada fase ini dicirikan dengan involusi pertanian yang mengakibatkan lahan petani rata-rata kurang 1/4 ha," katanya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More