Pantau Flash
Kementan Ekspor Dedak Gandum Cilegon ke 4 Negara Senilai Rp39,6 Miliar
Ekspor Jepang Loyo 10 Bulan Berturut-turut
Soal Brexit: Inggris Bisa Keluar dari Uni Eropa dalam 10 Hari ke Depan
Jelang Duel dengan Petinju Afsel, Daud Yordan Fokus Latih Tanding
Pemerintah Diminta Konsisten Terapkan Aturan IMEI

Kontrasnya Tempat Tahanan Petinggi Huawei dan 2 Warga Kanada di China

Kontrasnya Tempat Tahanan Petinggi Huawei dan 2 Warga Kanada di China Direktur Keuangan Perusahaan Teknologi Huawei, Meng Wanzhou. (Foto: Reuters/Lindsey Wasson)

Pantau.com - Direktur Keuangan Perusahaan Teknologi Huawei, Meng Wanzhou, menggambarkan tahanan rumahnya di Vancouver sebagai 'ruang yang terbatas'.

Kepala Keuangan Huawei Meng Wanzhou ditangkap otoritas Kanada atas dugaan pelanggaran terhadap sanksi Iran pada 7 Desember 2018.

Petinggi Huawei itu tinggal di sebuah rumah mewah dengan harga miliaran dollar Kanada dengan enam kamar tidur dalam enam bulan terakhir.

Meng (47) memiliki akses menggunakan pengacara terkenal, bergerak relitif bebas di Vancouver, meskipun dengan pembatasan. Komentaranya sebagai tahanan rumah mewah tersebut kontras debgan dua warga Kanada yang di tahan di sel isolasi di China.

Baca juga: Kanada Bebaskan Petinggi Huawei dengan Jaminan

Tahanan Rumah

Meng tinggal di sebuah rumah di Vancouver dengan harga CD5,6 juta atau sekitar Rp60 miliar, dengan fasilitas enam kamar tidur dan lima kamar mandi, setelah dirinya membayar uang jaminan CD10 juta atau sekitar Rp107 miliar di bulan Desember, seperti dilansir Reuters, Selasa (21/5/2019).

"Meskipun secara fisik dibatas untuk ruang yang sangat terbatas selama di Vancouver, batin saya tidak pernah merasa senang dan luas," tulis Meng dalam surat untuk Komunitas Xinsheng, karywawan Huawei.

Meng memuji para karyawannya atas keprihatinan mereka dalam mengikuti kasus dirinya, meskipun berada di zona waktu yang berbeda.

Awal bulan ini, Meng mengajukan permintaan kepada Mahkamah Agung untuk pindah kerumah yang lebih besar dengan harga CD13,3 juta atau sekitar Rp143 miliar, di salah satu lingkungan paling eksklusif di Kanada. 


Rumah keluarga Kepala Keuangan Huawei Meng Wanzhou, di lingkungan Dunbar di Vancouver, British Columbia, Kanada. (Foto: Reuters/Ben Nelms)

Baca juga: Buntut Penahanan Petinggi Huawei, China Kembali Selidiki Warga Kanada

Dua Warga Kanada di China

Berbeda dengan Meng, dua warga Kanada, Michael Sapavor yang merupakan seorang pengusaha dan mantan diplomat Michael Kovrig ditahan oleh otoritas China.

Tidak ada kejelasan di mana tempat penahanan dua warga Kanada itu. Keduanya juga dilaporkan tidak memiliki akses menggunakan pengacara atau membayar uang jaminan.

Keduanya ditahan dalam ruangan dengan lampu yang tidak boleh dimatikan pada malam hari. China menyatakan, hak hukum mereka dijamin sepenuhnya.

Michael Sapavor dan Michael Spavor secara resmi ditangkap pada awal bulan ini atas tuduhan pelanggaran terkait rahasia negara.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: