Forgot Password Register

Korea Utara-Korea Selatan Bicara Soal Perdamaian Mei Mendatang

Korea Utara-Korea Selatan Bicara Soal Perdamaian Mei Mendatang Bendera Korea Selatan dan Korea Utara. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) dikabarkan akan segera mengakhiri ketegangan yang pecah sejak tahun 1950-an. 

Mengutip laman Time, Selasa (17/4/2018) disebutkan, pada KTT pekan depan antara Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Diharapkan, kedua pimpinan tersebut dapat mengeluarkan pernyataan bersama yang menyatakan akan meredakan ketegangan militer dan mengakhiri konfrontasi, menurut laporan itu.

Hingga saat ini, tidak ada perjanjian damai yang ditandatangani untuk menggantikan gencatan senjata sejak tahun 1953 lalu yang mengakhiri Perang Korea, dan AS dan Korea Utara telah berselisih karena permusuhan formal berakhir.

Baca juga: Pantau Foto: Keumunculan Bintang Porno 'Simpanan' Donald Trump di Pengadilan Manhattan

Semenanjung itu tetap terbagi dalam kebuntuan abadi, dengan militer Korea Selatan yang didukung Amerika Serikat berbaris melawan lebih dari satu juta pasukan Korea Utara. Sementara ketegangan kadang-kadang berkobar, kedua pihak sejauh ini telah mengoyak konflik lain yang menghancurkan.

Satu cara untuk menyelesaikan konflik itu bisa melibatkan pengembalian Zona Demiliterisasi yang dijaga ketat ke negara asalnya, kata surat kabar Munhwa Ilbo. Ratusan ribu pasukan dari kedua negara sekarang menjaga daerah itu.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More