Forgot Password Register

Korsel Desak Trump-Kim Bentuk Pakta Integritas Denuklirisasi Semenanjung Korea

Korsel Desak Trump-Kim Bentuk Pakta Integritas Denuklirisasi Semenanjung Korea Presiden Korsel Moon Jae In. (Foto: Reuters/Edgar Su)

Pantau.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mendesak Korea Utara dan Amerika Serikat bergerak maju dalam sebuah pakta integritas untuk mengakhiri program nuklir di Semenanjung Korea.

Hal tersebut disampaikan karena kurangnya langkah-langkah tegas dari Korea Utara yang menimbulkan pertanyaan tentang komitmen pada ikrar denuklirisasi.

"Jika Kim (Jong Un) memenuhi janji denuklirisasi, dia akan mampu memimpin negaranya ke dalam kemakmuran," kata Moon dalam pidato saat berkunjung ke Singapura.

Baca juga: Barang Yahudi Dilarang Masuk Irlandia, Israel Ancam Tutup Kedubes di Dublin

"Jalur ini tidak pernah mudah, tetapi jika perjanjian di KTT dilaksanakan dengan ketulusan maka tujuan dapat tercapai," katanya menambahkan, yang mengacu pada pertemuan bersejarah Kim dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura sebulan lalu.

"Jika Korea Utara memberi lebih banyak substansi pada implementasi denuklirisasi, dan jika Korea Selatan dan Amerika Serikat dengan cepat mengambil langkah-langkah komprehensif maka seluruh proses akan dipercepat," katanya.

Baca juga: Demi Mbappe Cs, Menara Eiffel Bakal Ditutup pada Final Piala Dunia

Di KTT, kedua pemimpin berjanji untuk bekerja menuju denuklirisasi lengkap di Semenanjung Korea dan mengurangi ketegangan pada kedua negara yang secara teknis masih dalam status perang, karena Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Meski kedua pemimpin negara telah bertemu pada 12 Juni, namun Pyongyang belum menunjukkan tanda-tanda melakukan tindakan nyata untuk membongkar program nuklirnya yang telah membawa serangkaian sanksi PBB dan internasional terhadap negara tertutup itu.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More