Forgot Password Register

Korsel Klaim Korut 'Hampir' Tutup Seluruh Situs Uji Coba Roket

Korsel Klaim Korut 'Hampir' Tutup Seluruh Situs Uji Coba Roket Ilustrasi situs uji nuklir Korea Utara. (Foto: Reuters/Kyodo)

Pantau.com - Media lokal Korea Selatan mengklaim bahwa Korea Utara hampir menyelesaikan pemulihan situs uji peluncuran roket, Rabu (13 Maret 2019).

Menurut kantor berita Yonhap, Kementerian Pertahanan Korea Selatan dalam sebuah laporan mengatakan, tidak jelas apakah situs uji Dongchang-ri sudah kembali normal secara fungsional, seperti dilansir Anadolu, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: Kembali Pulihkan Situs Uji Nuklir, Korut Diperingatkan Sanksi Baru AS

"Hal itu dipahami bahwa pemulihan fasilitas eksternal di lokasi peluncuran hampir selesai, namun pemulihan fungsionalnya belum dapat dikonfirmasikan," kata kantor berita Yonhap, mengutip laporan Kementerian Pertahanan. 

Sebelumnya, awal bulan Maret, ada laporan Korea Utara tengah memulihkan bangunan pendukungan di Dongchang-ri, yang sebagian telah dibongkar tahun lalu. Laporan kementerian itu diserahkan kepada anggota parlemen Partai Demokrat Kim Byung-hee.

"Pekerjaan rekonstruksi tampaknya telah dimulai sebelum pertemuan puncak kedua di Hanoi, 27-28 Februari, antara Trump dan Kim Jong-un," dalam laporan itu.

Baca juga: Trump: Tak Ada Pembahasan Latihan Gabungan Militer dengan Kim

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melakukan pertemuan puncak kedua di Hanoi, Vietnam pada Februari lalu, dan berakhir tanpa kesepakatan di antara keduanya.

"Korea Utara memperbaiki situs Punggye-ri sebelum tim inspeksi mengunjunginya untuk melihat pembongkarannya pada Mei 2018. Kami sudah menduga bahwa pemulihan Dongchang-ri kali ini memiliki tujuan yang sama,” kata Seoul.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More