Forgot Password Register

Korut Usulkan Rute Penerbangan Baru yang Menghubungkan Korsel

Korut Usulkan Rute Penerbangan Baru yang Menghubungkan Korsel Pesawat (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Korea Utara mengusulkan jalur udara baru yang menghubungkan dengan Korea Selatan. Usulan ini merupakan tindaklanjut dari semakin dekatnya hubungan dua Korea pasca pertemuan tingkat tinggi yang melibatkan pemimpin kedua negara, April 2018 lalu.

Direktur Badan Penerbangan Perserikatan Bangsa-Bangsa akan mengunjungi Korut pada minggu ini guna membahas permintaan Pyongyang untuk membuka jalur udara ke Korsel.

Baca juga: Israel Mulai Pasang Papan Penunjuk Jalan ke Arah Kedubes AS di Yerusalem

Menurut laporan Kantor Penyiaran Jepang NHK, dua pejabat PBB itu tiba di bandar udara Beijing pada Senin malam (7/5/2018). Salah satu dari pejabat itu mengatakan bahwa mereka akan membahas keselamatan penerbangan dengan Korut.

"Kami sadar bahwa apa yang diusulkan Korut adalah membuka rute penerbangan internasional yang akan menghubungkan FIR Pyongyang dan FIRA Incheon ke negara ketiga, bukan rute penerbangan langsung antara Pyongyang dan Incheon," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Korsel Noh Kyu-duk.

Baca juga: Pasca Letusan Gunung Berapi, Penduduk Hawaii Diizinkan Kembali ke Rumah

Jika jalur itu dibuka, rute baru akan menjadi jalan raya lintas udara untuk setiap penerbangan yang melewati wilayah kedua negara. Hingga kini Korsel sedang meninjau permintaan Korut.

Sebelumnya, Inggris, Prancis, Jerman, dan Amerika Serikat, menyarankan pesawat komersil tidak terbang di wilayah udara Korut, karena ancaman nuklir yang dimiliki Korut.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More