Forgot Password Register

KPAI Sesalkan Tewasnya Anak pada Pembagian Sembako di Monas

Garis Polisi  (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi) Garis Polisi (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Rita Pranawati, menyesalkan kasus tewasnya seorang anak dalam proses pembagian sembako di Monas, Sabtu, 28 April 2018.

"KPAI menyesalkan adanya dua anak yang meninggal dalam proses pembagian sembako di Monas," kata Rita, di Jakarta, Rabu, 2 Mwi 2018.

Baca juga: Kronologis Tewasnya Sosis, Bocah Korban Sembako Maut Monas

Rita mengharapkan insiden itu menjadi kejadian terakhir pelibatan anak dalam kegiatan sosial. Rita juga berharap para orangtua menyadari kondisi anak-anak yang masih rentan untuk dilibatkan dalam kegiatan politik dan kegiatan sosial yang melibatkan banyak massa.

"Prioritas perlindungan anak menjadi yang utama dan orang dewasa perlu memprioritaskan hal ini, mengingat anak belum bisa mengukur dampak keterlibatannya pada kegiatan-kegiatan yang dia ikuti," katanya. 

Baca juga: Usut Tuntas Kasus Sembako Maut Monas, Polisi Bentuk Tim Khusus

Rita pun mengimbau polisi agar menginvestigasi kejadian itu dan setiap pihak agar mengawal proses itu. Hal ini dimaksudkan supaya kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari.

"Ke depan, kegiatan-kegiatan yang bersifat pembagian sembako, sedekah, sebaiknya para pemberi mendatangi rumah sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebagaimana pernah juga terjadi pada pembagian zakat beberapa tahun yang lalu," katanya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More