Forgot Password Register

KPK Lakukan Pemeriksaan Silang Terhadap Tersangka Kasus Suap Meikarta

KPK Lakukan Pemeriksaan Silang Terhadap Tersangka Kasus Suap Meikarta Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Penyidik Komis Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan silang terhadap dua tersangka kasus dugaan suap Proyek Meikarta di Kabupaten Bekasi. Keduanya yakni, Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin dan Kadis PUPR Kabupaten Bekasi Jamaludin.

"Tersangka NHS akan diperiksa untuk tersangka J. Begitu juga sebaliknya," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).

Baca juga: KPK Soal Sumber Dana Suap Meikarta: Tidak Mungkin Pakai Uang Pribadi

Selain keduanya penyidik juga memanggil Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bekasi Kuswaya. Febri menambahkan saksi tersebut akan diminta keterangan untuk Billy Sindoro, Direktur operasional Lippo Group.

Perkara suap proyek Meikarta di Cikarang terungkap ke publik usai KPK melakukan operasi tangkap tangan di Pemkab Bekasi pada 14 Oktober 2018.

Dalam kasus ini, sembilan orang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Empat di antaranya menjadi pihak pemberi suap yakni Billy Sindoro bersama tiga pegawai Lippo Group. Sedangkan lima lainnya, yaitu Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin dan empat Kadis Pemkab Bekasi diduga sebagai penerima suap.

KPK menduga suap yang telah direalisasikan sebanyak Rp 7 miliar dari total komitmen fee yang dijanjikan Rp 13 miliar. Modus suap diberikan agar Pemkab Bekasi mempermudah proses izin pembangunan perumahan Meikarta di Cikarang, Bekasi Jawa Barat.

Baca juga: Kenapa PNS Tersangka Kasus Suap Meikarta Masih Terima Gaji? Ini Jawabannya



Share :
Komentar :

Terkait

Read More