Forgot Password Register

KPK Periksa Wanita yang Bersama Bowo Sidik saat OTT

KPK Periksa Wanita yang Bersama Bowo Sidik saat OTT Siesa Darubinta (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelidiki upaya pelarian Bowo Sidik Pangarso dari apartemen di kawasan Permata Hijau, Jakarta, saat kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) akhir Maret lalu. KPK mengonfirmasi lewat Siesa Darubinta, perempuan yang diamankan KPK di apartemen tersebut saat OTT berlangsung. 

"Saksi Siesa ini merupakan saksi yang diperiksa sebagai penjadwalan ulang pada minggu lalu. Ada dua hal yang kami dalami dalam proses pemeriksaan tersebut. Pertama, terkait dengan pengetahuan dari saksi ini tentang keberadaan tersangka BSP di apartemen pada saat itu, sejauh mana pengetahuannya. Itu diklarifikasi oleh penyidik," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (15/4/2019). 

Baca juga: 63 Tahanan KPK Mencoblos di Rutan K4, Termasuk Romahurmuziy

Selain itu, penyidik juga mengonfirmasi terkait apa pun yang diketahui Siesa dalam perkara suap kerja sama pengangkutan pupuk Indonesia. 

Siang tadi, Siesa diperiksa penyidik KPK selama kurang lebih enam jam. Ia baru keluar Gedung KPK pukul 16.36 WIB. Usai diperiksa, Siesa terus diam.  

Diketahui, saat OTT pada 27 Maret 2019 lalu, KPK mengamankan Siesa di Apartemen Permata Hijau pukul 20.00 WIB. Sementara Bowo baru diamankan tanggal 28 Maret pukul 2 dini hari di kediamannya. 

Baca juga: KPK Nilai Romahurmuziy Salah Tafsir Pasal dalam Pengajuan Praperadilan

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengakui timnya sempat mengalami kesulitan saat akan masuk ke dalam apartemen. Waktu itu diduga dimanfaatkan Bowo untuk melarikan diri dari apartemen. 

"Sulit untuk memasuki apartemen itu, kan harus punya prosedur yang banyak, sehingga makan waktu yang cukup lama. Waktu itu dimanfaatkan yang bersangkutan untuk keluar dari apartemen," kata Basaria Pandjaitan di Gedung KPK, Jalan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis lalu, 28 Maret 2019.

Meski begitu, KPK enggan mengungkapkan hubungan antara Siesa dengan Bowo. s

"KPK hanya bisa bicara terkait pokok perkara saja," kata Febri.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More