Forgot Password Register

KPK Rampungkan Berkas Perkara Tiga Pejabat Kemenpora

KPK Rampungkan Berkas Perkara Tiga Pejabat Kemenpora Gedung KPK (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas penyidikan tiga pejabat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Penyidikan tersebut terkait kasus suap dana hibah dari Kemenpora pada KONI. 

"Penyidikan untuk tiga orang tersangka telah selesai. Hari ini dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti ke penuntutan atas nama AP (Adhi Purnama, Pejabat Pembuat Komitmen pada Kemenpora); MUL (Mulyana, Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga); ET (Eko Tritanto, Staf Kementerian Pemuda dan Olahraga)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Baca juga: Suap Dana Hibah Kemenpora, KPK: KONI Terima Dana Sebanyak Rp67,9 Miliar

Febri mengungkapkan rencana sidang akan dilakukan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

Untuk kelengkapan berkas penyidikan, lanjutnya, penyidik sudah memeriksa 20 saksi. Serta para tersangka juga sudah diperiksa sebagai saksi maupun tersangka sekurangnya masing-masing sebanyak 2 kali. 

Ada pun unsur-unsur saksi di antaranya:

Irjen Kemenpora

Ketua KONI Pusat

Pejabat Penanda Tangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) pada Deputi IV Kemenpora

Asisten Deputi III dan IV

PNS Kemenpora

Staff KONI

Karyawan Swasta

Baca juga: KPK Perpanjang Masa Tahanan Tiga Tersangka Kasus Dana Hibah ke KONI

Sebelumnya, KPK telah lebih dulu menyelesaikan berkas perkara dua tersangka lainnya, yakni Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy dan Bendahara KONI Jhony E Awuy.

Dalam kasus ini, KPK menduga KONI mengajukan proposal bantuan dana hibah kepada Kemenpora. Namun pengajuan dan penyaluran dana hibah itu dibuat dengan proyek akal-akalan dan tidak didasari kondisi yang sebenarnya. Setelah terjalin kesepakatan antara pengurus KONI dengan pihak Kemenpora, dana hibah kemudian dialokasikan sebanyak Rp17,9 miliar.

Dari total alokasi dana hibah itu 19,13 persennya yaitu sejumlah Rp3,4 miliar diduga telah disepakati bersama menjadi komitmen fee untuk pribadi pihak Kemenpora sebagai imbalan atas lolosnya proposal pengajuan tersebut.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More