Forgot Password Register

KPK: Sebagian Besar Koruptor Bergelar S2

KPK: Sebagian Besar Koruptor Bergelar S2 ilustrasi (Foto:Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengungkapkan kebanyakan koruptor yang ditindak KPK berlatar belakang pendidikan tinggi. Paling banyak koruptor yang ditangkap memiliki gelar master atau S2, disusul S1 dan Doktor.

"Saya ingin perlihatkan data kalau kami lihat dari individu-individu yang terjaring korupsi di KPK saja misalnya, strata pendidikan mana yang paling dominan para koruptor itu? Master disusul oleh sarjana, disusul doktor. Jadi para koruptor itu yang paling banyak adalah yang mempunyai pendidikan tinggi," kata Laode dalam acara forum Koordinasi Implementasi Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi di Gedung Pusat Edukasi KPK, Jalan Rasuna said, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Baca juga: KPK Ingatkan Pejabat Negara Tak Terima Parsel Saat Hari Lebaran 

Sementara koruptor yang tidak berlatarbelakang pendidikan sarjana hanya sedikit jumlahnya, kata Laode.

"SMA sedikit, SMP hampir-hampir sedikit. Ikut bantu-bantu gitu kan, ya terjepit di antara keadaan, karena dia turut serta melakukan perbantuan ya ikut terseret," tambahnya.

Baca juga: Ada Informasi Gratifikasi dan Korupsi? Laporin ke Layanan Call Center KPK

Menurut Laode bidang pendidikan turut memiliki tanggungjawab penting dalam pemberantasan korupsi. Karenanya, ia mengharapkan pendidikan antikorupsi bisa menjadi mata kuliah wajib disetiap Perguruan Tinggi di Indonesia.

"Kami sangat berharap pendidikan antikorupsi ini kita mulai bersama. Apakah itu ada mata kuliah wajib khusus tentang pendidikan integritas dan antikorupsi, kedua mungkin mata kuliah pilihan dan diinsersi dalam mata kuliah yang telah ada," ucapnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More