Forgot Password Register

Headlines

KPK Tetapkan Satu Tersangka Baru di Kasus Suap Bupati Subang

Gedung KPK (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi) Gedung KPK (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan satu tersangka tindak pidana korupsi suap yang melibatkan Bupati Subang Imas Aryumningsih terkait proses perizinan di Pemkab Subang Tahun 2017-2018. Satu tersangka baru yakni Direktur Utama PT Pura Binaka Mandiri (PBM) dan PT Alfa Sentra Property (ASP) Puspa Sukrisna (PS) alias Asun alias Kah Asun.

"Tersangka PS selaku Direktur Utama PT PBM dan PT ASP bersama-sama dengan tersangka MTH diduga telah memberikan hadiah atau janji pada Bupati Subang IA terkait perizinan PT PBM dan PT ASP untuk membuat pabrik atau tempat usaha di Kabupaten Subang," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Baca juga: Bupati Kukar Non-Aktif Rita Widyasari Divonis 10 Tahun Bui

MTH yang dimaksud adalah Miftahhudin dari unsur swasta sedangkan IA adalah Imas Aryumningsih, Bupati Subang nonaktif.

Atas perbuatannya, Puspa Sukrisna disangkakan melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau pasal 13 UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Pasal itu yang mengatur mengenai memberi sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya.

Baca juga: Kena Tipu, Barang Berharga Tenaga Ahli Staf Kepresidenan Digondol Pencuri

Ancaman hukuman minimal satu tahun penjara dan maksimal lima tahun penjara dan denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp250 juta.

KPK juga telah menahan Puspa Sukrisna selama 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur setelah diperiksa di gedung KPK.

"Sebelumnya, KPK telah menetapkan empat tersangka dalam dugaan suap oleh Bupati Subang tersebut," kata Saut.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More