Forgot Password Register

KPU Berencana Ajukan PK Putusan PTUN Soal PKPI

KPU Berencana Ajukan PK Putusan PTUN Soal PKPI Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman (Foto: Antara / Dhemas Reviyanto)

Pantau.com - Pasca dikabulkannya gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta, Komisi Pemilihan Umum berencana mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung. 

Ketua KPU RI Arief Budiman merasa ada beberapa hal dalam putusan yang tidak sesuai dengan pendapat dan pandangan yang dimiliki KPU.

Sehingga langkah pertama yang dilakukan KPU adalah melakukan konsultasi dengan Komisi Yudisial. Atas hasil konsultasi dengan KY, KPU berencana dalam waktu tidak terlalu lama membuat laporan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan hakim PTUN dalam proses sengketa pemilu itu.

"Kami berharap ada analisis dan eksaminasi yang nanti bisa dipakai KPU untuk mengambil sikap atau kebijakan yang diperlukan kemudian," ujar Arief di Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Baca juga: Lolos Ikut Pemilu, PKPI Diminta Bikin 'Efek Kejut' dengan Isu Kontroversial

Berdasarkan hasil analisis, eksaminasi, dan pendalaman, KPU mempertimbangkan bilamana diperlukan untuk melakukan upaya peninjauan kembali terhadap putusan PTUN tersebut.

Meskipun sebelumnya gugatan tersebut sempat ditolak oleh Bawaslu, namun Arief mengatakan putusan PTUN harus dihormati semua pihak, tak terkecuali dengan KPU.

"Setelah menerima salinan, mempelajari dan menggelar rapat pleno, KPU memutuskan menjalankan putusan tersebut sebagaimana ditetapkan yakni selambatnya tiga hari," katanya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More