Forgot Password Register

Kunjungi Surabaya, Dubes Perancis Tawarkan Kerjasama Penanggulangan Terorisme

Polisi berjaga saat pemindahan jenazah terduga pelaku teror dari ruang pendingin ke ambulans di RS Bhayangkara, Surabaya, Jawa Timur (Foto: Antara/ Zabur Karuru) Polisi berjaga saat pemindahan jenazah terduga pelaku teror dari ruang pendingin ke ambulans di RS Bhayangkara, Surabaya, Jawa Timur (Foto: Antara/ Zabur Karuru)

Pantau.com - Duta Besar Perancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet menawarkan kerja sama keamanan, utamanya penanggulangan terorisme kepada Pemerintah Kota Surabaya pasca teror bom di Kota Pahlawan dua pekan lalu.

"Kami ingin menunjukkan bahwa Perancis memiliki kepeduliaan serta memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi terhadap Surabaya," kata Jean Charles Berthonnet saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama Kapolrestabes Surabaya Komisaris Besar (Kombes) Pol Rudi Setiawan di ruang kerja wali kota Surabaya, Senin (28/5/2018).

Pada kesempatan itu, Jean Charles Berthonnet mengucapkan belangsungkawa kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Kapolrestabes Surabaya Rudi Setiawan atas kejadian bom yang terjadi beberapa waktu lalu di Surabaya.

"Ini bentuk solidaritas dan kepeduliaan kita terhadap Surabaya," katanya.

Baca juga: Pasca Teror Bom, Risma Fokus Pulihkan Psikis Anak-anak Surabaya

Menurut dia, penting untuk melihat secara spesifik kerja sama dalam menanggulangi aksi terorisme karena dirinya juga ingin meningkatkan keamanan dan menciptakan kenyamanan bagi kota maupun warga Surabaya sendiri.

"Selain itu, kami juga ingin menunjukkan bahwa Perancis memiliki kepeduliaan serta memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi terhadap Surabaya," katanya.

Bahkan, dirinya beserta rombongan turut mengunjungi gereja Santa Maria Tak Bercela (SMTB) di kawasan Ngagel Madya untuk melihat kondisi disana pascabom secara langsung.

"Kami ingin memberikan dukungan kepada masyarakat dan umat yang ada di sana," katanya.

Mendengar penjelasan Dubes Perancis tersebut, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengucapkan terima kasih atas kepeduliaannya kepada Kota Pahlawan.

Risma pun menjelaskan berbagai macam upaya yang sudah dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan terorisme dengan cepat.

Salah satu caranya melakukan pemulihan pasca bom kepada anak anak yang mengalami trauma pasca bom.

"Sampai saat ini kami tetap melakukan penjagaan di sekolah bersama kepolisian dan TNI," katanya.

Baca juga: Kapolri Desak DPR Segera Selesaikan RUU Terorisme

Terkait kerja sama keamanan, Risma akan segera membicarakan lebih dalam bersama Porestabes Surabaya dan Kepolisian Perancis untuk mengantisipasi teroris di Surabaya. "Kami tunggu dan bicarakan kelanjutannya dengan Kepolisian Perancis," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan. Ia menyambut baik kerja sama di bidang keamanan bersama negara Perancis utamanya pengamanan terorisme. Menurutnya, sisi keamanan Kota Surabaya dalam menanggulangi teroris hampir sama dengan Perancis.

Artinya, pascakejadian, pihak kepolisian terus melakukan investigasi dan menangkap para pelaku yang diduga terlibat dalam jaringan terorisme.

"Hal ini masih terus berjalan dan saat ini situasi warga dan Kota Surabaya sudah kembali normal serta tingkat kewaspadaan masyarakat berangsur-angsur membaik," katanya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More