Pantau Flash
Bendungan Ciawi Sudah Capai 44,97 Persen
APERSI Target Bangun 100.000 Rumah Subsidi
Dewas: Revisi UU KPK Melemahkan
Yenny Wahid Persilakan Pegawai Garuda yang Merasa Dilemahkan Mendatanginya
Dirut Transjakarta: Sampai Jumpa Lagi di Stasiun dan Halte

Lebih Ramah Lingkungan, Play Station 5 Didukung Fitur Pemangkas Jumlah Daya

Lebih Ramah Lingkungan, Play Station 5 Didukung Fitur Pemangkas Jumlah Daya Play Station 5. (Foto: TechSpot)

Pantau.com - PlayStation 5 akan memiliki opsi untuk memangkas jumlah daya yang dikonsumsi oleh konsol terbarunya, dengan mode siaga (standby mode).

Dilansir dari IGN pada Selasa (24/9/2019), fitur terbaru Sony itu merupakan bagian dari inisiatif 'Playing For The Planet' bersama PBB, yang bertujuan untuk memobilisasi pemain game (gamer) untuk mengambil peran aktif dalam memerangi perubahan iklim.

Baca juga: Ungkapkan Terima Kasih, SIE RIlis PS4 Pro

"Konsol PlayStation generasi berikutnya akan mencakup kemungkinan untuk menangguhkan gameplay dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah daripada PS4 (yang kami perkirakan dapat dicapai sekitar 0,5 W)," tulis President and CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan.

"Jika misalnya satu juta pengguna mengaktifkan fitur ini, akan menghemat setara dengan penggunaan listrik rata-rata 1.000 rumah AS," lanjut dia.

Dibandingkan dengan bentuk teknologi lainnya, perangkat konsol game memiliki jejak karbon yang cukup banyak. Sebuah laporan baru-baru ini menemukan bahwa gamer Amerika memancarkan sekitar 12 juta ton karbondioksida per tahun yang setara dengan 2,3 juta mobil.

PlayStation telah bekerja untuk mengurangi perubahan iklim dan lingkungan dari PS4 selama beberapa tahun terakhir dengan memperkenalkan mode hemat energi dan mengubah perangkat kerasnya.

"Untuk konteksnya, kami memperkirakan emisi karbon yang telah kami hindari hingga saat ini berjumlah hampir 16 juta metrik ton, meningkat menjadi 29 juta metrik ton selama 10 tahun ke depan," klaim Ryan.

Baca juga: Duh! Pengguna PS 4 Ini Diblokir Permanen, Kok Bisa?

PS4 telah terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia. Sehingga, apabila konsol Sony selanjutnya ini dapat mendekati angka tersebut, fitur hemat daya dapat memiliki dampak besar ketika penggunanya mengaktifkan fitur tersebut.

Sementara itu, pada Mei lalu, arsitek sistem utama PS5 merinci beberapa komponen yang sudah dimasukkan tim ke dalam konsol dan akan segera diperkenalkan dalam Sony's State of Play.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: