Pantau Flash
Kapolri Sebut Pelarangan Demonstrasi Agar Negara Tak Kecolongan
4 Hari Lagi, Yahoo Tutup Layanan Group dan Seluruh Konten
Akses Keluar Tol Slipi Arah Gatot Subroto Ditutup karena Isu Demo
IMF: Perekonomian Dunia Melambat ke Titik Terendah
Nol Prestasi, AC Milan Tekor Banyak Musim Ini

Lee Chong Wei Putuskan Pensiun, Pelatih: Keputusan Terbaik

Lee Chong Wei Putuskan Pensiun, Pelatih: Keputusan Terbaik Lee Cong Wei (Foto: The Star)

Pantau.com - Pelatih tunggal putra Malaysia Lee Chong Wei, Hendrawan, angkat bicara mengenai keputusan pensiun yang diambil anak asuhnya tersebut. Lee Chong Wei mengakhiri 19 tahun masa kariernya sebagai atlet tunggal putra setelah menderita penyakit kanker hidung yang membuatnya absen cukup panjang.

Pria 36 tahun itu tidak mendapatkan rekomendasi dari tim dokter. Ia dinilai tidak cukup prima untuk melakukan kegiatan berintensitas tinggi, termasuk bermain bulutangkis secara kompetitif. Hendrawan selaku pelatih pribadi Lee Chong Wei sejak tahun 2015 menyebut bahwa pensiun adalah keputusan terbaik bagi sang pemain.

Baca juga: Resmi! Lee Chong Wei Putuskan Pensiun dari Dunia Bulutangkis

"Memang dokter tidak menyarankan untuk latihan yang berat. Lee Chong Wei harus mementingkan kesehatannya. Ini keputusan terbaik untuk dia," ujar Hendrawan saat dihubungi wartawan, Kamis, 13 Juni 2019.

Selama menangani Lee Chong Wei, Hendrawan tentunya memiliki banyak pengalaman berkesan. Ia tak ragu menyebut bahwa Lee Chong Wei merupakan sosok yang berkarakter, disiplin, dan penuh ,tanggung jawab.

Bahkan dengan bangganya ia menyebutkan jika Lee Chong Wei akan selalu menjadi pemain legendaris yang selalu di ingat oleh dunia.

"Dia punya komitmen kuat. Dia akan menjadi legenda meski tidak pernah juara di major tournament (Olimpiade). Dengan karakter yang dimiliki, Lee Chong Wei tentu sangat pantas dihargai. Legend never quit. Dia hanya change direction karena ke depannya dia tetap di lingkungan olahraga," jelasnya.

Lee Chong Wei sendiri didiagnosis menderita kanker hidung pertama kali pada Juli 2018. Saat itu, berita tersebut cukup mengejutkan lantaran pada bulan yang sama Sang Datuk masih aktif bermain secara kompetitif.

Bahkan, Lee Chong Wei masih mampu tampil secara back to back dengan mengikuti ajang Malaysia Open dan Indonesia Open. Setelah itu, Lee Chong Wei pun segera mendapat perawatan intensif di Taiwan yang tampak berjalan dengan lancar.

Baca juga: Ini Kata Taufik Hidayat Soal Keputusan Pensiun Lee Chong Wei

Pada November 2018, Lee sempat mengungkapkan bahwa dirinya tak berniat pensiun dan bertekad untuk ikut serta pada Olimpiade Tokyo 2020. Lee Chong Wei terus mengalami progres dan akhirnya kembali berlatih pada Januari 2019.

Lee bahkan sempat menargetkan bakal kembali tampil secara kompetitif dengan mengikuti All England Open 2019 pada Maret dan Malaysia Open 2019 April lalu. Namun, rencana itu tak bisa terwujud hingga akhirnya Lee Chong Wei memutuskan pensiun pada Kamis, 13 Juni 2019.

Tim Pantau
Editor
Sigit Rilo Pambudi
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Willa Wildayanti
Category
Olahraga

Berita Terkait: