Pantau Flash
Kementan Ekspor Dedak Gandum Cilegon ke 4 Negara Senilai Rp39,6 Miliar
Ekspor Jepang Loyo 10 Bulan Berturut-turut
Soal Brexit: Inggris Bisa Keluar dari Uni Eropa dalam 10 Hari ke Depan
Jelang Duel dengan Petinju Afsel, Daud Yordan Fokus Latih Tanding
Pemerintah Diminta Konsisten Terapkan Aturan IMEI

Lepas Jabatan Wapres Sebulan Lagi, 5 Bisnis JK Ini Dijamin Bikin Iri

Headline
Lepas Jabatan Wapres Sebulan Lagi, 5 Bisnis JK Ini Dijamin Bikin Iri Jusuf Kalla (Foto: Pantau.com.Ratih Prastika)

Pantau.com - Siapa yang tidak kenal dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Menjabat sebagai Wakil Presiden dua periode, pria yang akrab disapa JK ini adalah seorang pengusaha sebelum terjun kedua politik.

Tercatat pada 20 Oktober 2019, Jusuf Kalla tak lagi menjabat sebagai Wakil Presiden RI. Posisinya akan diisi oleh KH Ma'ruf Amin mendampingi Joko Widodo selama periode 2019-2024. 

Tapi, sobat Pantau pria yang akrab disapa JK ini tak hanya mengandalkan hidupnya dari gaji sebagia wakil presiden. Bahkan, beberapa usahanya dipastikan tak habis 7 turunan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 jenis usaha yang sudah dibangun JK. 

1. Kalla Toyota


(Foto: Pixabay)

Bergelut di dunia otomotif, JK rupanya memiliki perusahaan Kalla Toyota atau PT Hadji Kalla) merupakan salah satu dealer mobil Toyota terbesar di Sulawesi. Jika dijabarkan, JK rupanya juga memiliki perusahaan otomotif lainnya yakni, Makassar Raya Motor (Daihatsu), Kalla Kia dan  Kalla Transport.

2. Konstruksi


(Foto: Pixabay)

JK tercatat memiliki 4 perusahaan kontruksi yang bergerak di jasa yang berbeda yakni, PT Bumi Karsa, PT Bumi Sarana Utama, PT Bumi Sarana Beton dan PT Bukaka Tehnik Utama Tbk.

3. Properti


(Foto: Pixabay)

Duh punya bisnis di dua bidang sepertinya belum cukup. JK juga memiliki bisnis properti, kurang lebih ada tiga perusahaan yang berkembang yakni PT Kalla Inti Karsa (Kawasan komersil), PT Baruga Asrinusa Development (Real estate) dan Kalla Hospitality (PT Inti Karsa Persada)

4. Logistik


(Foto: Pixabay)

Tak lengkap sepertinya jika tidak memiliki salah satu jasa yang tidak akan pernah mati, jasa logistik. JK telah mengembangkan beberapa perusahaan yakni PT Jelajah Laut Nusantara (jalur laut). Barang yang bisa dikirim cukup beragam lho, mulai dari mobil, motor, truk, hingga alat berat.

5. Energi


(Foto: Pixabay)

Katanya tak lengkap jika orang kaya tidak memiliki bisnis di bidang energi. Beberapa anak perusahaan JK di bidang energi yakni PT Poso Energy, PT Malea Energy, PT Kalla Electrical System, dan PT Bumi Mineral Sulawesi.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: