Forgot Password Register

Liga Arab Gelar Pertemuan Darurat Terkait Gencatan Senjata di Gaza

Liga Arab Gelar Pertemuan Darurat Terkait Gencatan Senjata di Gaza Pertemuan Liga Arab. (Foto: Reuters/Mohamed Abd El Ghany)

Pantau.com - Liga Arab mengadakan pertemuan penting guna membahas agresi Israel yang baru-baru ini terjadi di Jalur Gaza yang di blokade, pada Kamis (15 November 2018).

Markas besar di Kairo menjadi gedung pertemuan darurat yang dihadiri oleh perwakilan tetap. Pertemuan tersebut diadakan atas permintaan pimpinan Palestina.

Dalam sesi pembukaan, para perwakilan liga mengheningkan cipta selama satu menit sebagai penghormatam kepada warga Palestina yang tewas oleh serangan udara dan serangan artileri Israel di Gaza.

Wakil Sekretaris Jenderal Liga untuk Urusan Palestina Saeed Abu Ali menyerukan penghentian segera agresi Israel dan perlindungan internasional bagi rakyat Palestina.

Baca juga: Dukung Perjanjian Gencatan Senjata, Warga Israel Desak Netanyahu Mundur

"Dewan Keamanan PBB tampaknya tidak sanggup memikul tanggung jawab terkait agresi Israel di Gaza," ucap Abu Ali, seperti dilansir Anadolu, Jumat (16/11/2018).

Pertemuan tersebut diakhiri dengan pernyataan yang mengutuk kejahatan sistematis dan luas Israel terhadap penduduk sipil Palestina yang tidak bersenjata.

Sejak Minggu, sedikitnya 14 warga Palestina tewas akibat serangan udara dan artileri Israel di Jalur Gaza yang di blokade. Di hari yang sama, tujuh warga Palestina lainnya tewas, termasuk seorang komandan militan Hamas dalam serangan darat Israel.

Sejak Maret lalu, lebih dari 200 warga Palestina tewas dan ribuan lainnya mengalami luka-luka akibat serangan tentara Israel, saat berpartisipasi dalam unjuk rasa 'The Great return of March' di sepanjang zona pembatas Gaza-Israel.

Baca juga: Ratusan Warga Palestina Lakukan Aksi Protes Agresi Israel di Jalur Gaza

Share :
Komentar :

Terkait

Read More