Forgot Password Register

Liga Arab Kutuk Aksi AS Tutup Organisasi Pembebasan Palestina di Washington

Liga Arab Kutuk Aksi AS Tutup Organisasi Pembebasan Palestina di Washington Bendera AS. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul-Gheit mengutuk keputusan AS untuk menutup kantor Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Washington.

"Keputusan itu adalah satu dari serangkaian proses dan kebijakan tidak asil AS terhadap Palestina, yang bertujuan membekukan masalah mereka," kata Aboul-Gheit di dalam satu pernyataan.

Ia menambahkan bahwa "kebijakan pemerintah AS saat ini yang dimulai dengan pemindahan kedutaan besarnya ke Jerusalem pada Mei lalu mengungkapkan prasangka menyeluruhnya bagi agenda Israel".

Baca juga: Kim Jong Un Kirim Surat untuk Bertemu Donald Trump, Ini Kata Gedung Putih

Pada Senin (10 September 2018), AS mengumumkan keputusan untuk menutup kantor PLO di Washington karena adanya kekhawatiran mengenai upaya Palestina guna memulai penyelidikan Mahkamah Pidana Internasional terhadap Israel.

"Kami kembali menyatakan bahwa hak rakyat Palestina tak bisa dijual, dan kami takkan tunduk pada ancaman serta gertakan AS," kata Sekretaris Jenderal PLO Saeb Erekat belakangan di dalam satu pernyataan, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa malam.

Pada Agustus, Departemen Luar Negeri AS mengumumkan keputusan untuk "mengalihkan" bantuan ekonomi buat rakyat Palestina yang akan bernilai lebih dari 200 juta dolar AS.

Baca juga: AS Beri Sanksi Keuangan pada 4 Orang dan 5 Lembaga Lantaran Bantu Suriah

Belakangan, Departemen itu mengumumkan takkan menyediakan bantuan dana lagi buat Lembaga Pekerjaan dan Bantuan PBB bagi Pengungsi Palestina (UNRWA).

"Tindakan ini bertujuan menekan Pemerintah Palestina dan menunjukkan pemahaman yang keliru bagi perjuangan bersejarah Palestina," kata Aboul-Gheit.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More