Pantau Flash
Hasil Balap F1 GP Singapura: Vettel Juara, Hamilton Tak Dapat Podium
Marc Marquez Juara GP Aragon, Gelar Keenam Semakin Dekat
Kalahkan Hendra/Ahsan, Kevin/Marcus Juara China Open 2019
Kalah dari Momota, Ginting Gagal Pertahankan Gelar China Open
Jepang Sepakat dengan Korea Selatan Soal Arbitrase WTO

Liverpool Ambil Alih Pucuk Klasemen Liga Inggris dari Man City

Headline
Liverpool Ambil Alih Pucuk Klasemen Liga Inggris dari Man City Selebrasi Liverpool usai mencetak gol ke gawang Newcastle United. (Foto: Twitter/@LFC)

Pantau.com - Liverpool berhasil menang secara dramatis atas tuan rumah Newcastle United 2-3 dalam laga lanjutan Liga Inggris yang berlangsung di Stadion St James Park, pada Minggu (5/5/2019).

Berkat kemenangan dramatis ini, Liverpool kembali mengambil alih pucuk klasemen sementara dari Manchester City dengan 94 poin.

Tiga gol berhasil dicetak The Reds -julukan Liverpool- melalui Virgil van Dijk (13'), Mohamed Salah (28') dan Divock Origi (86'). Sedangkan Newcastle hanya mampu mencetak dua kali gol lewat Christian Atsu (20') dan Salomon Rondon (54').

Tim yang ditukangi oleh Jurgen Klopp itu hanya membutuhkan tiga poin untuk terus bersaing dengan Manchester City di perburuan juara. Sehingga dari awal Liverpool memasuki lapangan pun mereka langsung tancap gas di awal-awal laga.

Bahkan tercatat tiga serbuan dilakukan oleh Mohamed Salah, Georginio Wijnaldum dan Andy Robertson walaupun belum mencapai target hingga menit ke-10. Namun tim tamu akhirnya mendapat gol cepatnya pada menit ke-13. Tendangan pojok Trent Alexander-Arnold (TAA) berhasil disambut kepala Virgil van Dijk dan langsung masuk menghujam gawang Martin Dubravska, sehingga membuat Liverpool unggul lebih dulu 1-0.

Unggul satu gol seolah membuat pertahanan Liverpool terlena, hal itu terlihat setelah tujuh menit berselang dari gol Van Dijk, The Reds justru langsung kebobolan. Satu serangan Newcastle dari sisi kanan gagal diantisipasi Liverpool sehingga Christian Atsu bebas di sebelah kiri.

Ia berhasil mengirim bola ke Salomon Rondon, serta striker asal Venezuela melepaskan tendangan, namun masih diblok oleh Alexander Arnold, tapi bola liar pun mampu dimanfaatkan dengan bagus oleh Christian Atsu sehingga membuat skor imbang 1-1.

Baca juga: Ditundukkan 3-0, Liverpool Kalah Pengalaman dari Barcelona

Tak ingin lengah Liverpool kembali tancap gas usai kebobolan, serangan dari sisi kanan pada menit ke-28 membuahkan gol keduanya. Berawal dari lemparan ke dalam Alexander-Arnold, Daniel Sturridge mengirim umpan backheel kembali ke Arnold. Ia lalu meneruskan umpan silang ke kotak penalti, dan dengan sekali sentuhan kaki kanan, Mohamed Salah memperdaya Martin Dubravska. Hingga pertandingan babak pertama, iverpool unggul 1-2.

Di babak kedua, giliran tuan rumah yang mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Tendangan jarak dekat Salomon Rondon pada menit ke-50 masih bisa diamankan Alisson. Namun tak ingin menyerah begitu saja tepat pada menit ke-55, Newcastle mendapat gol penyeimbang melalui tendangan agresifitas Salomon Rondon. Tendangan kerasnya memanfaatkan clearance yang tak sempurna dari barisan pertahanan Liverpool, membuat Alisson tak berdaya Dan imbang 2-2.

Merespons gol penyeimbang tuan rumah, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp langsung memasukkan Xherdan Shaqiri menggantikan Georginio Wijnaldum pada menit ke-66. Dan sebuah insiden langsung terjadi pada menit ke-68, dimana Mohamed Salah terbentur oleh Martin Dubravska saat akan berebut bola di udara dan membuatnya terjatuh dengan posisi yang kurang menguntungkan.

Sehingga Mohamed Salah sepertinya mengalami cedera serius di kepalanya, hingga akhirnya langsung digantikan oleh Divock Origi. Disitu Liverpool kesulitan mengembangkan permainan sampai Juergen Klopp memasukkan James Milner untuk menggantikan Dejan Lovren pada menit ke-84.

Serangan Liverpool akhirnya membuahkan gol kemenangan pada menit ke-86. Tendangan bebas Xherdan Shaqiri berhasil disambut dengan sundulan mengarah oleh Divock Origi ke pojok gawang, dan membuat keunggulan 3-2 untuk Liverpool bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Newcastle (5-4-1): 12-Martin Dubravska; 19-Javier Manquillo, 5-Fabian Schar (Yoshinori Muto 90'), 6-Jamaal Lascelles, 3-Paul Dummet, 11-Matt Ritchie; 14-Isaac Hayden, 4-Ki Sung-yueng, 30-Christian Atsu 17-Ayoze Perez, 9-Salomon Rondon

Liverpool (4-3-3): 13-Alisson Becker; 66-Trent Alexander-Arnold, 6-Dejan Lovren (7-James Milner 83'), 4-Virgil van Dijk, 26-Andy Robertson; 3-Fabinho, 5-Georginio Wijnaldum (23-Xherdan Shaqiri 66'), 14-Jordan Henderson, 11-Mohamed Salah (27-Divock Origi 83'), 10-Sadio Mane, 15-Daniel Sturridge

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Reporter
Willa Wildayanti
Category
Olahraga

Berita Terkait: