Forgot Password Register

Lukisan Seabad Lalu Pecahkan Rekor Picasso, Harganya Capai Rp2,2 T

Lukisan telanjang Amedeo Modigliani. (Foto: Reuters/Venus Wu) Lukisan telanjang Amedeo Modigliani. (Foto: Reuters/Venus Wu)

Pantau.com - Lukisan terbesar yang diproduksi oleh seniman Italia Amedeo Modigliani akhirnya laku terjual $157 juta atau setara dengan Rp2,2 triliun di New York.

Melansir AFP, Rabu (16/5/2018), lukisan berjudul Nu Couche (Sur Le Cote Gauche) itu dikerjakan seabad lalu.

Lukisan itu pun merupakan karya seni yang terjual dengan harga paling tinggi dalam sejarah Balai Lelang Sotheby. Rekor itu memecahkan capaian sebelumnya tahun 2015 yang dipegang oleh Picasso.  

Sebelumnya, lukisan berukuran 147 sentimeter tersebut juga menjadi bintang dalam penutupan retrospeksi baru-baru ini di galeri Tate Modern di London.

Baca juga: Duo Korea Kembali Gelar Pertemuan Tingkat Tinggi 16 Mei Esok

Lukisan karya Modigliani pertama kali dipamerkan pada tahun 1917. Karya tersebut dianggap sangat mengejutkan dan bahkan polisi sempat menutup pertunjukannya di Paris.

Modigliani menyelesaikan 22 berbaring telanjang dan 13 nudes duduk antara 1916 dan 1919. Sebagian besar bekas ditemukan di museum, seperti Museum Seni Modern dan Museum Seni Metropolitan di New York.

Baca juga: Malaysia Minta Warganya di Jatim Siaga Penuh Pasca Serangan Bom Bunuh Diri

Kepala Seni impresionis dan modern di Sotheby, Simon Shaw mengatakan lukisan yang terjual itu mencerminkan perubahan status perempuan selama Perang Dunia I.

"Ini adalah telanjang seorang wanita yang sangat percaya diri, percaya diri secara seksual yang tidak melihat keluar dari kejauhan. Dia benar-benar memenuhi pandangan kami," katanya.

Dealer Modigliani, Leopold Zborowski memberinya uang 15 franc per hari dan membayar lima franc kepada para model untuk berpose di sebuah apartemen di Paris.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More