Pantau Flash
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014
Anies Pastikan Pemprov DKI Lepas Saham di Perusahaan Bir Tahun Depan
Pemindahan Ibu Kota, Sri Mulyani: Kami Tidak Masukkan ke RAPBN 2020
Dua Kali Tertinggal, Madura United Tahan Imbang Persija 2-2
Zakir Naik Dipanggil Polisi Malaysia Terkait Berita Hoax dan China

Mau Tahu Provinsi dengan Pengguna Narkoba Terbesar? Ini Kata Kepala BNN

Mau Tahu Provinsi dengan Pengguna Narkoba Terbesar? Ini Kata Kepala BNN Ilustrasi narkoba (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI mencatat Jawa Barat menjadi provinsi dengan pengguna narkoba terbesar se-Indonesia. Menurut data BNN, jumlah pengguna narkoba di Jabar mencapai 5 persen dari jumlah penduduk.

"Ini sudah menjadi yang terbesar dibandingkan daerah lain di Indonesia, bahkan sebagian besar pengguna merupakan generasi muda," kata Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko, usai menghadiri Deklarasi Serentak 360 Desa dan Kelurahan Bersih Narkoba di Cianjur, Selasa (13/8/2019).

Baca juga: Ungkap Ratusan Kilogram Ganja Kering, BNN Sebut Ada Modus Baru

Ia menjelaskan, tingginya kerawanan penyebaran dan penyalahgunaan narkoba di Jabar diakibatkan beberapa faktor seperti jumlah penduduk yang terbanyak di Indonesia, keberadaan pelabuhan dan dermaga di beberapa daerah dan faktor lainnya.

"Kalau tidak dilakukan upaya pencegahan, dikhawatirkan prevalensinya akan terus meningkat. Terlebih penyalahgunaan narkoba mengancam generasi muda yang diharapkan menjadi generasi penerus," ucapnya.

Ia menjelaskan dengan digelarnya deklarasi serentak di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Cianjur, diharapkan dapat mempersempit ruang gerak pengedar dan penyalahguna narkoba khususnya di kalangan anak muda.

"Ini merupakan tugas bersama bagaimana caranya menjaga generasi muda terhindar dari narkoba dan menjadi generasi produktif. Deklarasi serentak ini, menjadi salah satu upaya dalam menekan peredaran narkoba," ujarnya.

Baca juga: Pemasok Narkoba Nunung Ditangkap, Sempat Kabur ke Beberapa Kota

Pihaknya berharap semua kalangan ikut serta memerangi narkoba sebagai upaya menekan angka pengguna narkoba di Jabar menurun, minimal di angka 2 persen atau berada di standar minimal yang berlaku secara internasional.

"Jabar ini menjadki percontohan dalam penanganan narkoba di tingkat nasional, sehingga harapan kami semua kalangan ikut serta memerangi dan menekan angka peredaran dan pengguna narkoba," katanya.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: