Forgot Password Register

Memasuki Hari Sembilan, Tim Penyelam Thailand Lakukan Pencarian 12 Anak Terjebak di Gua Tham Luang

Memasuki Hari Sembilan, Tim Penyelam Thailand Lakukan Pencarian 12 Anak Terjebak di Gua Tham Luang Pencarian regu sepakbola yang terjebak di gua Tham Luang Thailand. (Foto: Reuters/Soe Zeya Tun)

Pantau.com - Pencarian 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola yang terjebak di gua Tham Luang memasuki hari kesembilan. Tim penyelamat di Thailand mempercepat untuk membersihkan lorong sempit bagi para penyelam.

Anak-anak lelaki berusia antara 11 dan 16 tahun, dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun menghilang pada 23 Juni saat berjalan-jalan ke gua Tham Luang, sepanjang 10 kilometer (6 mil) di bawah pegunungan di Provinsi Chiang Rai di wilayah utara.

Selain barang-barang yang ditinggalkan di mulut gua dan jejak tangan di dinding gua, belum ada jejak yang ditemukan sejak itu. Dengan jalan keluar dari gua yang terblokir oleh air banjir akibat hujan lebat, tim penyelamat berharap anak-anak itu berhasil melewati gundukan batu yang tinggi yang dijuluki penelusur gua sebagai "Pantai Pattaya", salah satu tujuan wisata terkenal di Thailand.

Baca juga: Hari Keenam Pencarian 12 Anak Terperangkap di Gua Thailand, 20 Paket Diturunkan

Pencarian untuk anak-anak telah berdampak besar pada bangsa, dengan buletin berita didominasi oleh pembaruan pada kemajuan yang dibuat oleh upaya penyelamatan raksasa yang melibatkan lebih dari 1.000 personel.

Penyelam dari unit SEAL angkatan laut Thailand telah berada di garis depan pencarian, didukung oleh tim penyelamat internasional dari Amerika Serikat, Inggris dan Jepang dan tempat lain.

"Satuan SEAL tadi malam mencapai pertigaan dan hari ini mereka akan melanjutkan ke kiri, tapi satu kendala yang kami temukan adalah lubang yang sangat kecil yang perlu kita lebarkan agar orang bisa melewatinya," kata Gubernur Chiang Rai Narongsak. Osatanakorn pada wartawan pada Senin.

"Sampai sekarang kami belum sampai di Pantai Pattaya," katanya.

Dia menambahkan bahwa pusat operasi telah dibentuk pada apa yang disebut tim penyelamat sebagai ruang ketiga gua, sekitar 1,7 kilometer dari pintu masuk gua. Narongsak menambahkan bahwa air dari gua yang banjir telah surut dalam beberapa hari terakhir, memungkinkan tim penyelamat bergerak maju.

Baca juga: Begini Kondisi Pencarian 12 Anak yang Terjebak Banjir di Dalam Gua Thailand

Hujan musiman telah menghambat operasi pencarian yang semakin putus asa, dengan para penyelam meraba-raba sepanjang dinding gua yang banjir, hampir tidak bisa melihat di air berlumpur.

Sebagai bagian dari upaya penyelamatan, pihak-pihak penelusur telah menurunkan kedalaman lubang di lereng gunung, tetapi tidak jelas kemajuan apa yang telah mereka buat.

Dokter mengatakan anak-anak itu dapat bertahan hidup selama beberapa hari tanpa makanan, tetapi banyak dari yang akan bergantung pada apakah mereka menemukan air yang cukup bersih untuk diminum.

Di sekolah Mae Sai Prasitsart, tempat enam anak laki-laki yang hilang belajar, doa-doa khusus diadakan untuk tim sepak bola junior pada kebaktian. "Saya benar-benar khawatir, tetapi saya berharap karena teman saya kuat," kata Thanakorn Ingsilapakul

Share :
Komentar :

Terkait

Read More