Forgot Password Register

Headlines

Menakar Siasat Ekonomi 2 Cawapres RI, Siapa Unggul?

Menakar Siasat Ekonomi 2 Cawapres RI, Siapa Unggul? KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden dua pasangan calon resmi dilaksanakan. Pasca deklarasi Wakil Presiden di waktu yang berdekatan. Capres Pertahana Joko Widodo meminang Ma'ruf Amin sebagai wakilnya sedangkan Prabowo Subianto sebagai kubu oposisi resmi meminang Sandiaga Uno sebagai wakilnya.

Melihat Kabinet Kerja Jokowi-JK pembagian tugas bidang ekonomi dilimpahkan kepada Wakil Presiden. Menanggapi hal tersebut, Researcher Director Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah mengatakan kedua calon Wakil Presiden memiliki keunggulan tersendiri dalam bidang ekonomi. 

"Pak Ma'ruf Amin merupakan pilihan bijak Pak Jokowi dan partai politik. Pak Ma'ruf Amin melengkapi pak Jokowi dengan track record sekaligus kemampuannya di banyak bidang khususnya yang terkait sosial dan keagamaan, Pak Ma'ruf tidak bisa dikatakan tidak memiliki background ekonomi. Beliau  memiliki pendidikan dan pengalaman yg dalam tentang ekonomi syari'ah," ujarnya kepada Pantau.com, Jumat (10/8/2018).

Baca juga: Deretan Pengusaha yang Kepincut Jadi Politisi (Bagian I)

Lebih lanjut dengan semua track record Ma'ruf Amin akan bisa membantu sekaligus melengkapi sosok Jokowi bila menang dalam Pemilu mendatang.

"Dengan adanya Pak Ma'ruf yang bisa memperlancar lobby-lobby dalam rangka konsolidasi nasional, menangani isu-isu sosial keagamaan serta jg isu politik, maka Pak Jokowi di periode kedua bisa fokus melanjutkan program-program pembangunan ekonomi," ungkapnya.

Lebih lanjut dalam bidang ekonomi, Jokowi juga nantinya dapat bekerjasama bersama wakilnya dalam mengembangkan ekonomi syariah yang memiliki potensi besar di negara Indonesia.

"Di bidang ekonomi ini pak Jokowi bisa juga mengandalkan pak Maruf dalam mengembangkan ekonomi syariah serta bisnis halal yg sesungguhnya kita memiliki potensi besar," katanya.

Sementara mengenai Wakil Presiden kubu oposisi, Sandi dinilai lekat dengan sosok pengusaha sukses. Menurutnya, Sandi juga memiliki pengalaman meski cukup singkat.

Baca juga: Kepastian Capres-Cawapres 2019 Jadi Pertimbangan Investor

"Lalu mengenai pak sandi. Kita tahu beliau adalah pengusaha sukses. Beliau jg punya pengalaman politik dan jg pengalaman birokrasi yg walaupun belum cukup lama tapi saya kira cukup mumpuni," katanya. 

Lebih lanjut, Sandi dinilai merupakan pasangan yang ideal bagi Prabowo. Pasalnya Sandi dianggap melengkapi sosok Prabowo di bidang pertahanan sehingga kedepannya bisa fokus membangun di bidang ekonomi.

"Pak Sandi merupakan pasangan yang ideal bagi Pak Prabowo. Pak Sandi akan melengkapi Pak Prabowo yang track record dan kemampuannya dibidang pertahanan dan politik sudah sangat matang. Pak Sandi apabila nanti memenangkan pemilu bersama Pak Prabowo, akan bisa fokus dibidang ekonomi," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More