Forgot Password Register

Mendagri Perancis Bicara Penyebab Kebakaran Katedral Notre-Dame

Mendagri Perancis Bicara Penyebab Kebakaran Katedral Notre-Dame Kebakaran Katedral Notre-Dame. (Foto: Reuters/Benoit Tessier)

Pantau.com - Pemicu kebakaran yang melanda ikon bersejarah Katedral Notre-Dame di Paris hingga kini belum diketahui. Pihak berwenang masih melakukan penyelidikan.

"Kebakaran berhasil ditangani namun belum sepenuhnya padam," kata Menteri Dalam Negeri Perancis, Laurent Nunez saat konferensi pers yang digelar tepat di depan Notre-Dame, Selasa (16/4/2019).

Kebakaran hebat meluluhlantakkan Notre-Dame pada Senin malam.  Beruntung, tim pemadam kebakaran berhasil mengamankan menara lonceng utama dan dinding luar bangunan sebelum akhirnya kobaran api dipadamkan.

Baca juga: Presiden Macron: Kami Akan Bangun Kembali Katedral Notre-Dame

Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan aksi peduli internasional akan diluncurkan guna menggalang dana untuk membangun kembali Katedral Notre-Dame.

"Mari kita berbangga, karena kita membangun katedral ini lebih dari 800 tahun yang lalu, kita telah membangunnya, dan selama ratusan tahun, membiarkannya tumbuh dan merenovasinya. Jadi malam ini dengan sungguh-sungguh saya mengatakan: kami akan membangun kembali katedral bersama-sama," kata Macron, yang berada di depan ikon bersejarah Paris saat berlangsungnya kebakaran, kepada awak media.

Kebakaran besar melanda Katedral Notre-Dame De Paris pada Senin, 16 April 2019, menghancurkan atapnya yang menjadi salah satu simbol bersejarah bagi Paris, dan dalam gemuruh api, para petugas pemadam berjuang mencegah agar menara lonceng utama tidak runtuh.

Api yang mulai berkobar pada petang dengan cepat mencapai atap bangunan katedral yang sudah berabad-abad, menelan menara yang runtuh, dan dengan cepat juga diikuti oleh seluruh atapnya.

Baca juga: Kebakaran Besar Melanda Katedral Notre-Dame di Paris

Share :
Komentar :

Terkait

Read More