Forgot Password Register

Mendagri Soal Aksi Anies Copot Pejabat DKI: Tidak Ada Masalah, Itu Hak Gubernur

Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: pantau.com/ Willa Wildayanti) Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: pantau.com/ Willa Wildayanti)

Pantau.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menganggap keputusan perombakan pejabat di lingkungan pemerintahan Gubernur DKI Jakarta merupakan suatu yang wajar.

Seperti diketahui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberhentikan Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi melalui telepon dan WhatsApp.

"Saya pribadi sebagai Mendagri, apa yang dilakukan oleh Pak Gubernur DKI Jakarta mengganti seluruh pejabat ya itu nggak ada masalah. Itu adalah hak seorang Gubernur," kata Tjahjo Kumolo di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta. Kamis, (19/7/2018).

Baca juga: Anies Desak Wali Kota Jakarta Tekan Angka Pengguna Narkoba

Terkait masalah pencopotan melalui telpon dan WhatsApp, Tjahjo tidak mau berspekulasi  dan menilai Gubernur Anies menginginkan memiliki staf yang solid.

"Gubernur untuk menganti stafnya itu sah sah saja yang penting tetap ikuti aturan. Pasti ada mekanisme yang harus dilaksanakan, soal di ganti dengan WhatsApp atau telpon itu mungkin proses SKnya belum disiapkan tapi sudah diberi tahu jadi itu hal yang wajar, "tambahnya.

Baca juga: Eskavator Keruk Pulau C, Anies Buka Segel Reklamasi?

Sebelumnya pencopotan sejumlah pejabat yang dilakukan oleh gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya dengan telepon dan WA dianggap melanggar undang-undang dan peraturan pemerintah tentang pegawai negeri. Karena tindakannya ini diketahui beberapa pejabat mengadukan pada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Ini tata kelola pemerintah, siapapun nanti ganti presiden, bupati, gubernur pasti akan ada perombakan. Dan untuk seseorang bisa diganti itu saat dia meninggal, pensiun, sakit, atau minimal dua tahun, tapi hal itu juga tergantung siapapun pemimpinnya," pUngkas Tjahjo. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More