Forgot Password Register

Mendagri Tunisia Dipecat Pasca Tenggelamnya Kapal Imigran yang Menewaskan 63 Orang

Menteri Dalam Negeri Lotfi Brahem. (Foto: Reuters) Menteri Dalam Negeri Lotfi Brahem. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Kantor Kepresidenan Pemerintah Tunisia menyatakan jika Perdana Menteri Tunisia Youssef Chahed telah memecat Menteri Dalam Negeri Lotfi Brahem dari jabatannya.

Menteri Kehakiman saat ini Ghazi Jeribi akan menduduki jabatan jabatan Menteri Dalam Negeri menggantikan Lotfi.

Kepresidenan Pemerintah Tunisia belum mengungkapkan alasan memecat Lotfi.

Namun, beberapa pengamat percaya keputusan itu diambil setelah tenggelamnya perahu migran pada Sabtu malam lalu di lepas pantai Tunisia Tenggara yang menewaskan 63 orang.

Baca juga: Kapal Pengangkut Imigran Karam di Lepas Pantai Tunisia, 46 Tewas

Tak lama sebelum keputusan tersebut diambil, Lotfi Brahem telah mengumumkan ia akan memecat 10 pejabat keamanan di Provinsi Sfax.

Selanjutnya, keputusan itu juga berkaitan dengan berakhirnya ultimatum 24 jam yang diberikan oleh Youssef Chahed kepada Lotfi Brahem, untuk menemukan mantan menteri dalam negeri Najem Gharshalli.

Najem Gharshalli melarikan diri dan menjadi buruan pihak kehakiman Tunisia sehubungan dengan dugaan keterlibatannya dalam mempengaruhi keamanan nasional.

Untuk diketahui, Forum Tunisia bagi Hak Sosial dan Ekonomi mengatakan di dalam satu studi bahwa 9.329 orang Tunisia telah berusaha menyeberangi Laut Tengah pada 2017, dan 34 persen dicegat oleh pasukan laut Tunisia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More