Forgot Password Register

Mendikbud Sesalkan Bocornya Soal UNBK di Media Sosial

Mendikbud Sesalkan Bocornya Soal UNBK di Media Sosial Mendikbud Muhadjir Effendy. (Foto: Antara/Jeremias Rahadat)

Pantau.com - Beredarnya soal matematika Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2017 di media sosial turut disesalkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Pihaknya juga berjanji akan menelusuri penyebab kebocoran soal tersebut.

"Itu kejadian yang sangat disayangkan. Kami sudah menelusuri jejak elektroniknya dan akan kita ambil tindakan terhadap siapa saja yang bertanggung jawab," ujar Muhadjir di Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Sebelumnya, soal UNBK tingkat SMP 2017 beredar di sejumlah media sosial. Soal tersebut difoto dan kemudian disebarluaskan ke sejumlah grup yang ada di berbagai lini media sosial. Pada foto soal tersebut, di sudut kiri terdapat tulisan "PUSPENDIKCA CBT17".

Baca juga: Soal Matematika UNBK Tidak Sesuai Kisi-kisi, DPR Panggil Kemendikbud

Muhadjir mengatakan tindakan yang akan diambil akan disesuaikan dengan bobot kasusnya dulu.

"Seharusnya tidak boleh ada hp atau ponsel masuk ke ruang ujian," kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Sementara itu, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FGSI) Heru Purnomo membenarkan bahwa foto soal yang beredar merupakan soal UNBK.

"Namun itu soal UNBK tahun 2017," kata Heru.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More