Pantau Flash
Kalahkan Chelsea di Stamford Bridge, Liverpool Kokoh di Puncak Klasmen
Hasil Balap F1 GP Singapura: Vettel Juara, Hamilton Tak Dapat Podium
Marc Marquez Juara GP Aragon, Gelar Keenam Semakin Dekat
Kalahkan Hendra/Ahsan, Kevin/Marcus Juara China Open 2019
Kalah dari Momota, Ginting Gagal Pertahankan Gelar China Open

Menghitung Hari, AS-China akan Lanjutkan Perundingan Perang Dagang

Menghitung Hari, AS-China akan Lanjutkan Perundingan Perang Dagang Presiden AS, Donald Trump, dan Presiden Cina, Xi Jinping, bertemu untuk pertama kalinya di Buenos Aires (Foto: Reuters)

Pantau.com - Para pejabat AS berencana untuk melakukan perjalanan ke China minggu depan untuk melanjutkan pembicaraan tatap muka yang bertujuan mengakhiri perang dagang di antara mereka.

Sementara, pejabat China akan melakukan perjalanan ke AS untuk pembicaraan lebih lanjut di Washington pada awal April. AS dan China telah memberlakukan tarif barang bernilai satu miliar dolar selama satu tahun terakhir.

Gencatan senjata pada pertemuan G20 pada bulan Desember membuka jalan bagi perundingan, tetapi negosiasi berlangusung berbelit-belit.

Meskipun demikian, Presiden AS Donald Trump telah melakukan pembicaraan positif, mengatakan mereka akan "sangat baik".

Baca juga: Ekspor Jepang Melempem karena Terpapar Perang Dagang AS-China

Pihak resmi

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan terbang ke Beijing untuk memulai pembicaraan dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He pada hari Kamis, 28 Maret.

Sementara pihak AS wakilkan oleh wakil perwakilan perdagangan Jeffrey Gerrish dan pejabat senior lainnya dari Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat dan Departemen Keuangan.

Baca juga: Penelitian Membuktikan Perang Dagang Trump Rugikan Amerika Serikat 

Dilansir BBC, delegasi China yang dipimpin oleh Liu akan mengunjungi AS pada 3 April dengan tujuan menutup kesepakatan pada akhir April.

Pembicaraan berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan, karena para pejabat kadang-kadang membuat komentar yang bertentangan tentang kemajuan mereka.

Pembicaraan AS dan Cina sebelumnya berakhir tanpa kesepakatan pada 15 Februari, dengan peringatan AS masalah yang sangat sulit tetap tidak terselesaikan.

Meskipun pada akhir bulan, Trump mengatakan kedua belah pihak "sangat dekat" dengan penandatanganan perjanjian perdagangan, belum ada kesepakatan. Dia juga menunda batas waktu 1 Maret untuk menaikkan tarif bulan lalu.


Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: