Pantau Flash
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan
Bima Sakti Tetapkan 23 Pemain Isi Skuad Garuda Asia di Piala AFF U-15
BNPB Sebut Tujuh Provinsi Ini Terdampak Kekeringan
KPK Benarkan Pemprov Papua Belum Berhentikan ASN Terlibat Korupsi
Atletik Juara Umum ASEAN Schools Games 2019

Menguak Misteri Lukisan Ivan Aivazovsky dari Kapal Karam Abad 19

Menguak Misteri Lukisan Ivan Aivazovsky dari Kapal Karam Abad 19 Lukisan karya Ivan Aivazovsky. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Sebuah kapal karam abad ke-19 yang ditemukan di dekat Krimea diyakini menyimpan harta karun, yakni lukisan karya seniman kelautan terkenal Ivan Aivazovsky. Dia adalah salah satu pelukis Rusia yang paling terkenal, dengan karya-karya yang kini terjual lebih dari USD1 juta.

Kapal uap General Kotzebue tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal lain di dekat Cape Tarkhankut pada 16 April 1895. Ditemukan 120 tahun kemudian, pada kedalaman 40 meter di dasar Laut Hitam.

Penyelam dari ekspedisi bawah laut Neptunus Rusia mempelajari sisa-sisanya dan menemukan 10 fragmen lukisan di antara yang tersisa dari dekorasi mahal kapal.

Baca juga: Kapal Selam Soviet Era PD II Ditemukan Tenggelam di Teluk Finlandia

Video bawah air yang dirilis oleh ekspedisi menunjukkan karya seni yang ditutupi oleh lapisan lumpur dengan menyembunyikan apa yang ada di dalamnya.

"Jenderal Kotzebue adalah salah satu kapal pertama yang berlayar melalui Terusan Suez (pada tahun 1869) dan Aivazovsky diundang ke kapal untuk (menggambarkan) momen bersejarah," kata Roman Dunaev, kepala ekspedisi Neptunus, kepada Govorit Moskva, yang dikutip dari RT, Selasa (14/5/2019).

"Aivazovsky sering memberikan sketsa atau bahkan set lukisan jadi kepada kru kapal yang dia tumpangi, dan kemungkinan kita berurusan dengan koleksi ini," tambahnya.

Pekerjaan untuk memulihkan lukisan telah berhenti saat ini karena khawatir akan rusak. Menurut Dunaev, kelanjutan penelitian akan dilanjutkan pada Juni mendatang.

Baca juga: Kapal Ikan Indonesia Berisi 14 ABK Ditangkap di Perairan Australia

Beberapa lukisan bisa dilestarikan dengan baik, karena lumpur adalah pelestarian yang baik," katanya. Namun, untuk menetapkan kondisi aktualnya, lumpur harus dihilangkan.

Aivazovsky adalah salah satu seniman Rusia paling terkenal di abad ke-19. Dia juga salah satu yang paling produktif, menghasilkan lebih dari 6.000 karya selama 60 tahun karirnya.

Pemandangan laut dan adegan pertempurannya, yang telah dipamerkan di seluruh dunia, terus meningkat nilainya di pelelangan. Pada tahun 2012, 'Pandangan Konstantinopel dan Bosporus' Aivazovsky dijual di Sotheby seharga USD5,2 juta, dengan banyak lukisan lain menghasilkan lebih dari USD1 juta.


Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: