Pantau Flash
Gokil! Olimpiade Tokyo 2020 Perkenalkan Robot Canggih nan Futuristik
Sulitnya Klaim Asuransi Masuk 10 Besar Keluhan Konsumen Indonesia
4 Bocah Jadi Tewas Akibat Kebakaran Rumah di Kota Batu
Bukan Erick Thohir, Gojek Justru Tarik Boy Thohir untuk Isi Kursi Komisaris
Kemenpora-PASI Saring Atlet Berprestasi di ASG untuk SEA Games

Menhan Ryamizard Sebut Ada 3 Ancaman untuk Negara, Apa Saja?

Menhan Ryamizard Sebut Ada 3 Ancaman untuk Negara, Apa Saja? Ryamizard Ryacudu (Foto: Antara/Dea Zhafira)

Pantau.com - Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, meminta seluruh kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan di tiap provinsi untuk memprioritaskan dan mewaspadai ancaman terhadap Pancasila, sebagai ideologi negara.

"Terdapat tiga ancaman negara, yakni ancaman nyata, belum nyata, dan ancaman mindset, mengubah ideologi," kata Ryamizard, pada Pengarahan dan Pembekalan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan, di Jakarta, Senin, 13 Mei 2019.

Baca juga: Penggal, Tembak, hingga Meme, Ini 5 Kasus Penghinaan pada Jokowi

Dalam pengarahannya, dia menekankan Pancasila merupakan landasan fundamental kekuatan pemersatu bangsa, guna menjaga NKRI dari berbagai tantangan dan ancaman yang masih akan terus berlangsung.

Ancaman mindset atau ideologi, lanjut dia, dapat disebarkan melalui lingkup kecil akademik seperti sekolah maupun universitas. "Maka dari itu, diperlukan adanya suatu konsep penanaman wawasan kebangsaan yang kuat dan final kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak mudah terpengaruhi atau terprovokasi," katanya.

Baca juga: Pria Pengadu Domba TNI-Polri dan Fitnah 22 Mei HUT PKI Ditangkap

Untuk itu, dia menekankan kepada para kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan seluruh Indonesia yang hadir untuk mengerti dan memahami tugas pokoknya, serta membangun sinergi yang kokoh dan harmonis dengan aparat pemerintah daerah, Kodam, dan aparat keamanan lainnya.

Selain jajaran pejabat kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan, pengarahan itu turut dihadiri pejabat perwakilan dari TNI dan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Pertahanan.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: